Disdukcapil Bantul Serahkan Dokumen Kependudukan

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul melalui Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih menyerahkan dokumen kependudukan berupa Akta Kematian ASN yang terdampak Covid-19 dan Akta Kelahiran putri dari almarhum KLS ISy Gunadi Fajar Rahmanto salah satu prajurit TNI yang gugur dalam musibah kapal selam KRI Manggala 402. Upacara penyerahan dengan kehadiran terbatas dilalukan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Bantul, Trirenggo, Selasa (10/8).

Karena masih masa penerapan PPKM Level IV, sehingga penyerahan akta hanya mengundang perwakilan atau simbolis saja, yakni untuk penyerahan Akta Kelahiran atas nama Lavanya Gifara Aquene putri dari almarhum KLS ISy Gunadi Fajar Rahmanto yang gugur dalam musibah kapal selam Manggala. Akta Kematian Eko Priyo Atmojo ST (pegawai Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Bantul), Akta Kematian Siti Sofiah AMd FArm ( Pegawai Puskesmas Bantul), Akta Kematian dr Zohal Budi Santoso ( dokter Puskesmas Banguntapan II, Akta Kematian Ny Suranti ( Ibu mertua Dandim 0729 Bantul), dan Akta Kematian Zubaidi ( Keluarga Bupati Bantul).

Menurut Bupati Bantul, Administrasi Kependudukan (Adpenduk) adalah pendataan penduduk yang bukan hanya penting saja, tetapi mutlak. Sehingga status semua penduduk di suatu daerah bisa jelas dan akurat. “Karena itu kami sangat mendukung dan apresiasi kepada Disdukcapil yang selalu melakukan gerakan peduli Adpenduk, seperti pembuatan dan penyerahan akta kematian ASN yang terpapar Covid-19 maupun akta kelahiran anak korban musibah KRI Manggala ini,” papar Bupati Bantul.

Identitas kependudukan juga akan diberikan kepada anak yatim piatu atau warga yang keluarganya meninggal karena terpapar Covid-19. Untuk itu saat ini masih dalam proses pendataan.

Sementara Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi SH melaporkan, penyerahan akta kelahiran maupun akta kematian tersebut merupakan bentuk aksi pelayanan cepat terhadap masyarakat. “Kepedulian kami terhadap masyarakat dalam pelayanan dokumen ini agar bisa memudahkan masyarakat mendapatkan semua bentuk dokumen, termasuk KTP,” pungkas Bambang. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI