Disdukcapil Bantul Terima Penghargaan ZI-WBBM

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul menerima penganugerahan penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Berokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparartur Negar dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PAN dan RB, Cahyo Kumolo di Hotel Harmon Jakarta dan diterima Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho SH MH bersamaan dengan instansi penerima penghargaan se Indonesia, pada upacara peringatan Hari Anti Korupsi se dunia, Senin (21/12/2020).Penyerahan tersebut disaksikan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan jajaran kementerian lainnya.

Dengan penerimaan predikat WBBM tersebut, Disdukcapil Bantul merupakan satu-satunya Disdukcapil di Indonesia yang sudah menerima predikan WBBM. Sementara Disdukcapil di Indonesia yang sudah menerima predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) ada 11 Disdukcapil. Yakni Disdukcapil Kabupaten Cilacap, Grobogan, Gunungkidul, Kudus, Kota Bandung, Banjarmasin, Tegal, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bandung dan Kota DKI Jakarta.

“Dengan penerimaan penghargaan predikat WBBM ini, kami harus berupaya meningkatan kepuasan pelayanan masyarakat atau publik,” ungkap Kepala Disdukcapil Bantul, di ruang kerjanya, Selasa (22/12/2020).

Bentuk pelayanan yang memuaskan masyarakat yang menonjol di Disdukcapil Bantul, sehingga menerima predikat WBBM karena pelayanannya mudah, cepat, gratis bebas calo atau Pungli, sudah terintegrasi dan pelayanan secara online , berbasis  inovasi dan delivery dokumen kependudukan, kerjasama dengan PT Pos. Layanan di Disdukcapil juga sudah terakriditasi ISO 9001:2015 dan ISO 27001.

Sementara di Kabupaten Bantul jumlah wajib KTP hingga saat ini ada 728.560 orang, yang sudah menjalani rekaman termasuk pemula belum usia 17 tahun 732.791 orang. Sehingga prosentase capaian sampai 100,58 persen. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI