Disdukcapil – OPD Kerjasama Pemanfaatan Data

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil ) Bantul melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dan sosialisasi pemanfaatan data kependudukan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bantul. Proses penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo dan Kepala Dinas Dukcapil Bambang Purwadi Nugroho di Komplek Pemkab 2 Manding, Rabu (16/2).

Menurut Wakil Bupati Bantul, dengan perjanjian ini diharapankan kedua pihak bisa memanfaatkan data ini dengan melalui kerja secara kolaborasi antara Dinas Dukcapil dengan OPD- OPD yang ada di Bantul. “Sehingga bisa menyajikan data kependudukan yang akurat dan bisa digunakan untuk kesejahteraan dan berkeadilan di masyarakat,” paparnya.

Sementara Bambang Purwadi mengungkapkan, proses perjanjian kerjasama Disdukcapil dengan OPD di Bantul merupakan perpanjangan perjanjian tahun ke dua. Dengan perjanjian kerjasama ini akan bisa menyesuaikan data kependudukan di Disdukcapil dengan di OPD-OPD semakin terintegritas dan datanya bisa aman untuk pelayanan publik, rencana pembangunan, alokasi anggaran hingga penegakan hukum.

Terkait dengan data penduduk dan program KTP, menurut Bambang Purwadi sesusai data di Disdukcapil Bantul, jumlah penduduk Bantul saat ini sudah mencapai 200 ribu lebih. Yang sudah ber- KTP 99 persen.
Untuk memencapai target KTP 100 persen digalakkan jemput bola bagi pemula yang pada umumnya pelajar tingkat SLTA. Juga pengadaan sarana untuk rekam data dan cetak KTP di masing- masing Kantor Kapanewon.
“Jadi sekarang semua warga bisa rekam data dan cetak KTP di Kapanewon setempat,” jelas Bambang
Sedangkan kegiatan jemput bola di sekolahan sedikit terkendala karena ada sekolahan yang siswanya terpapar Omicron. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI