Dishub Bantul Ancam Cabut Izin Pengelola Parkir

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul tidak segan-segan mencabut izin jika pelaku usaha perparkiran di Bantul yang melakukan pelanggaran tidak bisa dibina. Tindakan tegas tersebut bakal diambil setelah tim dari Dishub Bantul menemukan dua pelanggaran di kawasan parkir khusus objek Wisata Parangtritis.

“Waktu liburan Lebaran secara khusus Dishub Bantul melakukan monitoring dilapangan dan kami menemukan adanya pelanggaran di dua titik parkir di kawasan Parangtritis dengan menaikan tarif melebihi standar. Mereka sekarang ini sudah kami lakukan pembinaan,” ujar Kepala Dishub Bantul, Aris Suhariyanta Ssos MM didampingi Kepala Bidang Teknik Sarana Prasarana Dishub Bantul, M Agung Kurniawan, Rabu (03/07/2019).

Aris mengungkapkan dari pantauan Tim Dishub di Parangtritis ada dua lokasi pengelola parkir menaikkan tarif parkir dari Rp 5.000 menjadi Rp 10.000. Pengelola parkir mengelabuhi wisatawan dengan dalih uang kebersihan tetapi masih dalam satu sobekan karcis.

“Sesuai Perda tarif kendaraan roda empat itu kan Rp 5.000. Tetapi dilapangan ada yang minta Rp 10.000 dengan alasan yang Rp 5.000 untuk uang kebersihan,” ujar Aris.

Dijelaskan karena pengelola parkir tersebut sudah mengantongi izin dan binaan Dishub Bantul, sehingga pembinaan langsung didatangi supaya mengentikan modus kurang terpuji tersebut. “Mereka itu kan sudah ada izin dari Dishub, oleh karena itu langsung kami tegur dan kami bina,” ujarnya.

Aris mengatakan, pihaknya terus berusaha agar pengelolaan parkir di Bantul tertib dan tidak ‘nuthuk’ wisatawan. “Soal parkir terbagi dua jenis yakni, parkir khusus dikawasan wisata dan parkir tepi jalan umum,” kata Aris.

Sementara Kepala Bidang Teknik Sarana Prasarana Dishub Bantul, M Agung Kurniawan mengungkapkan jika tahun 2018 lalu pencapaian PAD dari parkir Rp 110.000.000 khusus di kawasan wisata, sedang di tepi jalan umum targetnya Rp 130 juta. “Tahun 2019 ini baik parkir khusus dan tepi jalan umum targetnya masing-masing naik 10 persen,” ujarnya.

Sementara Selasa (02/07/2019) malam ratusan pengelola parkir dilakukan pembinaan di kediaman Bupati Bantul, Drs H Suharsono. Mereka dimotivasi untuk selalu menjalankan tugas sesuai ketentuan dari pemerintah. (Roy)

BERITA REKOMENDASI