Dishub Bantul Makin Gencar Lakukan Penyekatan

Editor: KRjogja/Gus

SEDAYU, KRJogja.com – Penyekatan kendaraan arus balik akan dilaksanakan hingga tanggal 20 Mei 2021. Langkah tersebut konsisten dilaksanakan sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19. Sementara penyekatan oleh petugas Dinas Perhubungan Bantul dan Polres Bantul, Sat Pol PP dan TNI, per 6 hingga 13 Mei 2021. Sebanyak 1.533 kendaraan pemudik diperiksa. Dari jumlah tersebut sebanyak 68 kendaraan diminta putar balik karena tidak sesuai ketentuan.

“Penyekatan masih sampai Kamis 20 Mei 2021, fokus penyekatan pada kendaraan arus balik,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanto SSos MM, Senin (17/5).

Dijelaskan, penyekatan dilaksanakan di tiga titik, Jalan Yogya Wates Klangon Sedayu, kemudian Jalan Wonosari Piyungan serta Bunderan Srandakan. Cukup banyak kendaraan harus putar balik lantaran tidak membawa dokumen sesuai dengan persyaratan mudik. Meski begitu mayoritas bisa menerima kebijakan petugas harus putar balik. Mereka menyadari dan menghormati bahwa yang dilakukan petugas di lapangan sekadar menjalankan instruksi dari pemerintah pusat. “Baik kendaraan roda empat dan roda dua yang diminta putar balik petugas sejak sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri tidak ada yang komplain,” ujar Aris.

Sementara penyekatan arus balik, Senin (17/5) di pos Srandakan menjaring 30 kendaraan roda empat. Sedang dari tes swab 10 pemudik, hasil negatif.

BERITA REKOMENDASI