Dishub  Izinkan Bus Wisata Lewati Jalan Imogiri-Dlingo

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.com – Rangkaian persiapan dilakukan untuk mengamankan arus mudik Lebaran Tahun 2022. Selain selain fokus pada mobilitas pemudik, Dinas Perhubungan kabupaten Bantul juga menerjunkan personil penuh untuk memantau  jalur menuju objek wisata.  Sementara di jalur Yogyakarta  -Wates pergerakan pemudik sudah mulai terasa meski belum terlalu signifikan.
“Sebanyak 80 personel dari Dinas Perhubungan dalam pengamanan arus mudik balik Lebaran 2022 akan akan bergabung dengan personel lain dari unsur Polres Bantul, TNI, SAR dan stakehokder lainnya. Karena mereka akan ditempatkan dijalur rawan terjadinya kemacetan diantaranya,  simpang tiga Tembi, simpang empat Manding, simpang empat Bakulan dan TPR Pantai Parangtritis,”ujar  Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta SOS MM, Senin  (25/4/).
Bahkan Dinas Perhubungan Bantul sudah memetakan ruas yang berpotensi rawan kecelakaan, diantaranya Jalan Parangtritis, Jalan Bantul-Srandakan serta jalur Cino -Mati menghubungkan Kapanewon Pleret-Dlingo.
Mencegah wisatawan melintas di Cino Mati,  Dishub bakal membuat spanduk  berisi himbauan kepada wisatawan tidak melalui jalur itu karena medannya sangat berbahaya.
Sementara khusus  jalur Imogiri-Dlingo, Dishub tidak akan melarang bus besar melewati ruas tersebut baik naik dari Imogiri ke Dlingo dan sebaliknya. Aris menekankan untuk bus wisata ketika akan turun melalui dipastikan pakai gigi kecil.  “Spanduk dan poster imbauan sopir bus  saat turun menggunakan gigi kecil sudah dipasang di jalur Imogiri-Dlingo,”ujarnya.
Selain itu,  pihaknya bersama Polres Bantul akan menerapkan rekayasa jalan jika jalur menuju Pantai Parangtritis terjadi kemacetan.  “Dari TPR Induk Parangtritis hanya untuk kendaraan menuju pantai. Sementara untuk baliknya kendaraan  diarahkan melalui Pantai Depok,” jelasnya.  Namun kebijakan tersebut bakal diambil menyesuaikan kondisi di lapangan.  Jika tidak ada kepadatan dan kemacetan berjalan seperti biasanya.
Sementara Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan, arus mudik memang sudah mulai ada peningkatan volume kendaraan. “Di Jalan Wates  saya kemarin keliling ngecek-ngecek Pospam memang sudah ada peningkatan volume kendaraan tapi masih batas  kewajaran puncaknya Jumat, Sabtu dan Minggu,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI