Ditunjuk Sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMSR Siapkan Siswa Profesional

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – SMKN 3 Kasihan Bantul atau SMSR Yogyakarta, tahun 2021 ini ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK). Terkait hal tersebut SMKN 3 Kasihan pada bulan Desember 2021 ini mengadakan rangkaian kegiatan SMK-PK , salah satunya yakni kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) yang bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan “soft skill” atau karakter dari dunia kerja siswa , sekaligus menanamkan nilai- nilai Pancasila yang mulai luntur pada generasi muda sekarang ini.

Menurut Wakil Kepala SMKN 3 Kasihan, bidang Humas dan kerjasama Dudika, Gunawan SSn MPd, Kamis (9/12), sasaran kegiatan ditujukan untuk siswa tingkat pertama atau kelas X dari 7 kompetisi keahlian, yakni seni lukis, seni patung, DKV, animasi , kriya tekstil dan batik, kriya keramik dan kriya kayu.

” Kegiatan P5BK ini dilaksanakan dengan penekanan pada aspek soft skill siswa seperti iman, taqwa dan akhlak mulia, gotong- royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis dan kreativitas. Modul yang dirumuskan mengerucut pada 7 tema, yakni bangunlah jiwa dan raganya, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, Bhineka Tunggal Ika, gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, kewirausahaan dan suara demokrasi. Soft skill tersebut nantinya akan sangat mendukung para siswa dalam mempersiapkan diri mereka menjadi profesional di bidangnya, baik sebagai tenaga kerja maupun wirausaha nantinya,” jelas Gunawan

Menurut Gunawan, dalam merangsang kegiatan P5BK agar siswa tertarik, yakni melalui kegiatan penciptaan karya yang sekaligus mengenalkan dasar praktek kompetensi kejuruan dan membangun “passion”. ” Tetapi guru lebih konses ke pendampingan dan pembimbingan proses penciptaan karya mengamalkan nilai- nilai Pancasila dan budaya kerja seperti layaknya di dunia kerja atau profesional kedepannya,” pungkas Gunawan. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI