DIY Lokomotif Craft Terbesar Se Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – DIY menjadi lokomotif craft atau kerajinan terbesar se Indonesia. Pada masa pemulihan pandemi Covid-19 hal yang diharapkan pengusaha craft untuk kestabilan ekonomi yakni penurunan harga kontainer ekspor dan menggeliatnya kembali even nasional dan internasional.

Sekjen Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Yogya, Heru Prasetyo, Selasa (13/4) usai pelaksanaan Musda DPD Himki DIY di Hotel Ros Inn menuturkan pembenahan organisasi wajib dilakukan untuk menjalankan organisasi secara transparan.

“Sebelumnya target ekspor pertahun sebanyak 5 miliar US Dollar secara nasional. Saat pandemi dilonggarkan 5 miliar US Dollar dapat dicapai perlahan selama 4 tahun,” jelasnya.

Adapun pada saat pandemi ekspor craft Indonesia diam-diam justru meningkat. Pada 2020 di pasar internasional permintaan jenis Wall Deco di Eropa tinggi.

“Wall Deco dan kerajinan kayu di Bantul kualitasnya paling bagus dan ekspor kerajinan kayu menduduki urutan pertama dilanjutkan ekspor tekstil. 14 persen kekuatan DIY ada pada ekspor craft maka dengan Musda akan terbentuk pengurus yang kerja keras mampu bersaing internasional untuk mendorong ekspor,” jelasnya.

Ketua Pelaksana Musda Himki Yogya, Agung Setiawan menambahkan Musda ditengah pandemi dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Untuk Musda luring diikuti 30 peserta dan via daring diikuti puluhab peserta. Musda memilih 7 formatur pengurus inti Himki sebanyak 7 formatur untuk kepengurusan periode 2021-2024.Pemukulan gong tanda pembukaan Musda DPD Himki Yogya. (KR) Rahajeng Pramesi

BERITA REKOMENDASI