DKUKMPP-Bank BPD Launching Digitalisasi Pasar Rakyat

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.com – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul kerjasama dengan Bank BPD DIY Cabang Bantul melaunching digitalisasi pasar rakyat di Pasar Niten, Kamis (28/7). Dengan program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan retribusi agar semakin efektif dan akuntabel. DKUKMPP menargetkan, akhir tahun 2023, sebanyak 4.000 pedagang bisa mengakses program e- retribusi.

Sekretaris DKUKMPP, Yanatun Yunadiana, SSi MSi mengatakan, DKUKMPP Kabupaten Bantul yang bekerjasama dengan Bank BPD DIY Cabang Bantul terkait e -retribusi. “Ini menjadi program unggulan Bupati Bantul sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD tahun 2021 2026 yaitu modernisasi pasar,” ujarnya. Dalam acara itu juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bantul, Bambang Guritno SH,Kepala Bidang Sarana Perdagangan DKUKMPP Kabupaten Bantul Arum Bidayati, SIP MPA, Pemimpin Bank BPD Cabang Pembantu Kasongan, Yuris Rizal.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah. Salah satunya dengan penerapan e- retribusi pasar. “Hari ini akan kita launching bersama digitalisasi pasar rakyat yang kami lakukan adalah penerapan e-retribusi pasar rakyat,” jelasnya.

Dijelaskan, e- retribusi merupakan sistem informasi yang dapat diakses secara online yang memuat transaksi pembayaran retribusi dari para pedagang. Dengan sistem tersebut kualitas pengelolaan retribusi dapat ditingkatkan, karena lebih akuntabel transparan dan efisien.

Dalam launching digitalisasi pasar rakyat tersebut melibatkan 500 pedagang yang akan membayar retribusi pelayanan pasar secara non tunai. “Pedagang tersebut merupakan pedagang kios pasar diataranya Pasar Imogiri, Pasar Semampir, Pasar Sungapan, Pasar Celep dan Pasar Angkruksari,” ujarnya.

Pihaknya merencanakan hingga pertengahan tahun 2023 e- retribusi dapat diterapkan kepada 4.000 pedagang pasar. Kemudian pada akhir tahun 2024 seluruh pedagang pasar di Kabupaten Bantul wajib e- retribusi,” ujarnya.

Pemimpin Bank BPD DIY Cabang Pembantu Kasongan, Yuris Rizal mengatakan, pembayaran retribusi kios pasar melalui e-retribusi dapat dibayarkan melalui mobile banking Bank BPD DIY dan ATM BPD DIY. “Diharapkan dengan adanya tambahan kanal pembayaran melalui e-retribusi dapat memberikan kemudahan pedagang di Pasar Niten dalam pembayaran retribusi,” ujarnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI