Doa Orangtua Kunci Keberhasilan Bernardinus Yoga

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ayah Letda Bernardinus Yoga Kristian, Yuniyanto awalnya sempat ragu saat putranya itu memilih jenjang sekolah menengah ke SMA Taruna Nusantara. Bukan tak yakin akan kemampun sang anak, namun Yuniyanto ragu soal perekonomian keluarga saat itu untuk bisa menopang pendidikan Yoga.

Karena itulah Yuniyanto berpesan kepada Yoga, jika ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara maka harus masuk melalui jalur beasiswa. Dengan kata lain Yoga dituntut untuk giat belajar supaya beasiswa sekolah tersebut dapat diraihnya.

"Sekarang bayangkan saja, sebagai petani saya tidak mampu membiayai jika tidak lewat jalur beasiswa. Sehingga waktu itu saya sarankan jika mau ke SMA Taruna Nusantara harus lewat jalur beasiswa, gaji istri yang mengajar di SMPN 1 Bambanglipuro juga tidak cukup," ujar Yuniyanto di kediamannya di Dusun Kedon, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Rabu (26/07/2017).

Ia selalu 'mewanti-wanti' Yoga bahwasannya untuk masuk melalui lewat jalur beasiswa itu tidaklah mudah. Disamping kouta yang terbatas, Yoga juga harus bersaing dengan pelajar lain baik dari SMP 1 Bantul maupun siswa dari sekolah lainnya.

Yuniyanto mengungkapkan, keberhasilan anaknya itu tak lepas dari doa keluarga. Baginya jalan hidup itu sudah ditentukan oleh-Nya dan sebagai orangtua ia hanya bisa mengikuti apa keinginan anak dan mendukungnya.

"Prinsip saya, ‘ngetutke’ anak. Jika sudah menentukan pilihan harus didukung sepenuhnya, karena yang menjalani anak bukan kita sebagai orangtua," ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI