Donasi Untuk NTT, Kalurahan Karangtengah Bangkitkan Spirit Kedermawanan

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJogja.com – Pemerintah Kalurahan Karang Tengah Kapanewon Imogiri Bantul menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Nusa Tenggara Timur lewat lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bantul, Jumat (30/4). Donasi dari masyarakat Karangtengah Imogiri diwujudkan kebutuhan bahan pokok dan uang tunai. Simbolis bantuan diserahkan Lurah Karang Tengah Haryanto didampingi Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Kalurahan Karang Tengah, Bandi SH diterima Kepala Cabang ACT Kabupaten Bantul, Syamsul Huda.

Haryanto mengatakan, penggalangan dana untuk korban banjir NTT dilandasi rasa keprihatinan atas musibah banjir di NTT. “Kehidupan masyarakat Karangtengah Imogiri pernah berada dalam fase paling sulit ketika gempa 2006. Waktu itu belum jadi lurah mencari bantuan kesana -kemari dan alhamdulilah banyak dermawan memperhatikan warga Karang Tengah. Berangkat dari situ ketika musibah terjadi kami berusaha ikut mambantu,” ujarnya.

Dijelaskan, sepakat menggalang dana untuk korban banjir NTT dikeluarkan surat edaran dari Kelurahan agar program sosial tersebut berjalan. “Kemudian Pemerintah Kalurahan Karangtengah bekerjasama dengan FPRB Karang Tengah, bersama 41 RT yang tersebar di 6 Pedukuhan mengumpulkan dana seikhlasnya dari masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan, animo warga membantu korban banjir sangat tinggi meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu program sosial tersebut akan terus dilakukan dimasa mendatang. Sebelumnya kegiatan juga digulirkan untuk mambantu korban banjir Bojonegoro. “Pengalangan dana ini akan kita lanjutkan, sehingga bisa terlepas dari bencana sekaligus tolak bala dan kebaikan akan kembali ke kita,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI