Donor Darah Massal HUT ke- 76 KR, Migunani Tumraping Liyan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – SKH Kedaulatan Rakyat bekerjasama dengan PMI Bantul menyelenggarakan donor darah massal di Markas PMI Bantul Jln Jenderal Soedirman Bantul, Rabu (22/9). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-76 SKH Kedaulatan Rakyat yang kebetulan ulang tahunnya sama dengan PMI, juga ke-76.

Donor darah massal HUT ke-76 SKH Kedaulatan Rakyat kemarin diawali oleh Direktur Utama PT-PB Kedaulatan Rakyat M Wirmon Samawi SE MIB yang kebetulan juga ketua PMI Bantul ,disaksikan Dirprod Baskoro Jati Prabowo SSos selaku ketua panitia HUT ke- 76 Kedaulatan Rakyat 2021.

M Wirmon Samawi mengungkapkan, selama pandemi Covid-19, kebutuhan donor darah untuk keperluan pasien di rumah sakit se Bantul ada peningkatan, tetapi jumlah donor darah menurun, sehingga persediaan darah di Bank Darah di PMI Bantul mengalami fluktuatif, bahkan kurang. Untuk mencukupi kekurangan darah dari donor darah suka rela atau donor darah rutin, maka keluarga pasien berusaha mencari donor darah keluarga.

Karena itu donor darah massal selama pandemi Covid- 19 sangat dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan darah pasien di rumah sakit. “Untuk itu, PMI Bantul mengajak kepada masyarakat, agar membiasakan diri melakukan donor darah untuk kepentingan kemanusiaan. Sedangkan donor darah massal HUT ke-76 SKH Kedaulatan Rakyat ini merupakan salah satu bentuk implementasi jargon, Migunani Tumraping Liyan,” pungkas Wirmon Samawi.

Sementara Baskoro Jati Prabowo menjelaskan, kegiatan donor darah massal sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun sebagai rangkaian peringatan HUT SKH Kedaulatan Rakyat. Untuk tahun ini diselenggarakan di Markas PMI Bantul.

Kegiatan donor darah ini juga untuk memberikan edukasi. kepada masyarakat, agar jangan takut mengikuti donor darah. “Donor darah bermanfaat membatu warga yang membutuhkan. Selain itu darah dalam tubuh pendonor bisa berganti baru . Sehingga Insya Allah mendapatkan pahala dan menjadikan badan lebih sehat,” papar Baskoro.

Menurut Baskoro, donor darah massal HUT SKH Kedaulatan Rakyat setiap tahun ditarget memperoleh 100 kantong. Tetapi karena tahun ini masih masa pandemi Covid-19, hanya ditarget 76 kantong. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI