Dosen dan Mahasiswa UAD Bekali Karangtaruna Kemampuan Desain Grafis

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Teknik Informatika (TI) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memberikan pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi Canva. Program itu digulirkan untuk membekali karang taruna Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul agar lebih terampil membuat desain gratis menggunakan aplikasi berbasis web dan mobile.

Kegiatan PKM dilaksanakan oleh Murinto, S Si, MKom, selaku dosen Program Studi Teknik Informatika UAD dibantu sejumlah mahasiswa. Murinto menjelaskan, pelatihan diikuti 14 peserta dari unsur remaja Karangtaruna di Dusun Ngireng-ngireng.

Jumlah peserta pelatihan dibatasi mengingat pandemi Covid-19 dan sesuai protokol kesehatan. Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk luring dan daring.

Pelatihan penggunaan aplikasi desain grafis ini memperkenalkan aplikasi Canva yang berbasis web dan mobile. Canva merupakan aplikasi desain grafis online sederhana dan mudah untuk digunakan bagi pemula sekalipun.

“Aplikasi Canva dapat diakses menggunakan perangkat desktop (PC, Laptop) maupun mobile. Sehingga kita dapat menggunakan aplikasi ini dimanapun berada,” ujarnya.

Aplikasi ini punya dua versi yakni versi gratis dan versi berbayar. Meski tanpa membeli versi premiumnya, masyarakat bisa dapat menggunakan fitur-fitur di Canva. “Canva bisa digunakan untuk membuat poster, logo, desain blog, infografik, newsletter, konten media sosial, desain kemasan produk,” ujarnya.

Antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan ini sangat tinggi. Hal itu bisa dilihat dalam setiap hari pelaksanaan selalu semangat. Peserta juga mengirimkan hasil karya berupa poster melalui link oleh Tim PKM UAD.

Pelatihan dilakukan secara offline daring dan pendampingan dengan memberikan modul pelatihan dan video tutorial. Dengan konsep tersebut peserta dapat mengulang kembali materi pelatihan di rumah masing masing.

Disebutkan, pelatihan desain grafis ini dibantu 4 mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Dukuh Ngireng-ngireng Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Bambanglipuro yakni Alya Masitha, Ronaldi Safitra, Nofand Adlil Mukollad dan Miftahul Huda. (Roy)

BERITA REKOMENDASI