Dosen UAD Latih Penulisan Biografi Pejuang Kemerdekaan

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD menggulirkan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara daring, Minggu (2/8). Tim melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan penulisan biografi atau kisah pejuang kemerdekaan Republik Indonesia untuk umum melalui aplikasi google meet. Pengabdian tersebut awal rangkaian pelatihan dan pendampingan penulisan biografi pejuang yang dilaksanakan bertahap mulai Agustus sampai dengan November 2020.

Tim yang terdiri dari Dr Purwati Zisca Diana, Dedi Wijayanti, M Hum., dan Ariesty Fujiastuti, MPd melakukan pendampingan intens melalui grup whatsapp sampai dengan terbitnya buku antologi biografi/kisah pejuang tersebut.

Ketua Tim Pengabdian Dedi Wijayanti, MHum mengatakan, tujuan dari program pengabdian adalah melatih guru atau masyarakat umum terampil menulis esai kisah pejuang/biografi pejuang. Program itu didasari banyaknya kisah perjuangan dari veteran di Bantul belum terdokumentasikan dengan baik. Kisah tentang veteran yang mempertaruhkan harta benda dan jiwa raganya perlu diabadikan sebagai bacaan generasi muda saat ini.

Bulan Agustus merupakan HUT Kemerdekaan RI harus dimaknai dengan menghargai jasa pejuang. Pelatihan tersebut sebagai upaya mendokumentasikan kisah pejuang sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para pejuang.

Pelatihan secara daring dan pendampingan melalui whatsapp grup ini diikuti 29 peserta dari unsur guru SD, SMP, SMA/SMK, ASN, dan masyarakat umum. Target pelatihan antara lain terbitnya buku antologi biografi pejuang veteran Kabupaten Bantul. Kegiatan hasil kerjasama Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD, Markas Cabang Pemuda Panca Marga Kabupaten Bantul didukung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bantul. (Roy)

UAD

BERITA REKOMENDASI