Dosen UMY Perkuat Literasi di Panti Asuhan Abdul Alim dan Mustika Tama

BANTUL, KRJOGJA.com – Dua dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Puput Arfiandhani, M.A dan Ika Wahyuni Lestari,M.Hum menginisiasi program pemberdayaan masyarakat yang menyasar komunitas marjinal di Panti Asuhan Abdul Alim , Imogiri dan Mustika Tama, Madukismo. Acara pembukaan dilaksanakan pada 5 Maret di Imogiri dan 14 Maret di Madukismo.

Menurut Ika Wahyuni Lestari kegiatan yang menyasar anak-anak usia SD ini secara khusus bertujuan menguatkan literasi serta pendidikan karakter anak melalui kegiatan membaca buku cerita Dwi Bahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia). 
Termasuk menanamkan pendidikan karakter sehingga bahasa inggris tidak menjadi hal menakutkan bagi siswa.

"Guna mendukung pencapaian ini dirancang pula buku cerita anak dwi bahasa dengan mengangkat nilai kejujuran berjudul Aisyah & Ahmad: Ayo Jujur. Kami juga mendonasikan buku di kedua panti asuhan ini," ujar Ika.

Ika menambahkan dibantu lima fasilitator mahasiswa, adik asuh terlihat senang dan bersemangat mengikuti kegiatan yang banyak diisi aktivitas pembelajaran menyenangkan seperti permainan, menyanyi bersama serta membaca cerita. 

Pengasuh Asrama Putri Panti Asuhan Abdul Alim Imogiri, Yuri mengapresiasi kegiatan karena  literasi berbasis bahasa Inggris sangat penting dan dapat membantu adik asuh mandiri. "Semangat dan kecintaan mereka pada kegiatan literasi dan Bahasa Inggris memang perlu sekali dipupuk sedini mungkin," tandasnya. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI