Dr Ir Paiman MP, Kembali Jabat Rektor Universitas PGRI Yogyakarta Periode ke-2

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Dr Ir Paiman MP, kembali dilantik menjadi Rektor Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) periode ke-2 masa bakti 2021 – 2025 di Auditorium UPY, Sonosewu Bantul, Jumat (25/06/2021). Dr Paiman dilantik oleh Armansyah Prasakti SH SPn MH selaku Ketua Pengurus Pembina Yayasan (YP) – UPY, kemudian dikukuhkan oleh Prof Dr Supardi US MM MPd (Ketua Badan Pembina Lembaga Pendidikan/BPLP PGRI). Tampak hadir Drs Edy Suwarno MPd (Sekretaris PGRI DIY). Hadir pula dan memberi sambutan Bimo Widyo Andoko SH MH (Sekretaris Lembaga Layanan Dikti Wilayah V – DIY). Sambutan secara daring disampaikan pula Prof Dr Hj Unifah Rosyidi MPd selaku Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.

Rektor UPY, Dr Ir Paiman MP dalam sambutan mengatakan terus terang, setelah menjabat Rektor UPY masa bakti 2017 – 2021 dpercaya mengemban amanah lagi merupakan tugas berat.

“Saya diberi amanah oleh YP-UPY sebagai Rektor UPY masa bakti 2021-2025 untuk melanjutkan tugas memimpin UPY di periode ke-2. Amanah ini sesungguhnya sesuatu yang sangat berat karena di UPY ini terdapat 312 orang pegawai (dosen dan karyawan) sertai 6.000 lebih mahasiswa yang mempercayakan masa depannya kepada UPY, terlebih lagi dihadapkan dengan perubahan zaman yang sangat pesat. Hal ini memaksa kami untuk dapat beradaptasi dan berinovasi untuk dapat menyesuaikan keadaan yang terjadi di dunia saat ini,” ucapnya.

Dikatakan, saat ini UPY sudah meningkat pesat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Hal tersebut tercermin dari peningkatan jumlah program studi sebanyak 13 prodi dalam 4 tahun terakhirj menjadi total 23 prodi yang ada di UPY dan ada 2 prodi S1 (Digital Bisnis dan Ilmu Keolahragaan) serta 1 prodi S2 (Pendidikan Dasar) yang
saat ini dalam proses pengajuan izin. Kemudian dari sisi peningkatan SDM sebanyak 30% dosen UPY telah bergelar doktor dan sedang menempuh program studi lanjut dan tercapai pada periode 2017-2021.

Selanjutnya, target di period 2021-2025 tercapai 40% dosen UPY bergelar doktor dan sedang studi lanjut. Pada periode 2017-2021, UPY telah melakukan akselerasi jabatan
fungsional, dan penulisan artikel ilmiah yang publish pada jurnal internasional bereputasi dan akan dilanjutkan pada periode ini. Jumlah mahasiswa baru UPY juga mengalami peningkatan, meskipun baru terjadi pandemi Covid-19. Selain itu juga pengembangan fisik sarana-prasarana yang dapat kita lihat dan rasakan bersama.

BERITA REKOMENDASI