Dusun Ngunan-ngunan Srigading – Sanden Embrio Kawasan Eko Edu Wisata

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Dusun Ngunan-ngunan, Desa Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul punya potensi jadi embrio kawasan ekosistem, edukasi wisata (Eko Edu Wisata).

“Untuk tujuan itu diadakan kegiatan pengabdian dengan melakukan pendampingan Dusun Ngunan-ngunan untuk pembentukan embrio Kawasan Eko Edu Wisata,” kata Dr Dini Yuniarti, dosen Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (24/04/2021).

Dalam pendampingan dihadiri Danang Wahyu Broto SE MSi (Ketua Komisi B DPRD DIY), Dra Titik Sulistyani (Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY), Endartono (Kepala Dusun Ngunan-unan) berserta kelompok masyarakat Ngunan-unan dan Tim Pengabdian Masyatakat FEB-UAD. Hadir pula anggota Tim Pengabdian Masyarakat, Marsudi Endang Sri Rejeki SE MM (dosen Program Bisnis dan Jasa Makanan/Bisma FEB-UAD), Aditya Rechandy Christian SE MM (dosen Prodi Manajemen FEB-UAD). “Kegiatan ini dilaksanakan tetap menggunakan protokol kesehatan. Menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer,” ucapnya.

Sedangkan Kepala Dusun Endarto menyampaikan, Dusun Ngunan-unan akan melakukan pengembangan berupa budidaya ikan lele serta bank lele yang digunakan untuk menyimpan dan menjual lele yang berlebih di masyarakat. Selain itu, pembentukan bank sayur, kebun buah anggur, pembuatan media tanam, pengelolaan pupuk serta pengolahan limbah lainnya yang dibantu dengan kelompok-kelompok masyarakat. Kelompok yang membantu, seperti Pokdakan Pa Bo LeTos, Kelompok Ternak Sapi Lestari, Agen Hayati, Kelompok Wanita Tani (KWT) Mugi Rahayu.

Ditegaskan Dini Yuniarti, pertemuan ini akan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) akan melibatkan beberapa pihak untuk melakukan studi kelayakan “Studi kelayakan untuk mematangkan pembentukan Kawasan Eko Edu Wisata di Dusun Ngunan-ngunan,”  ujarnya.

Harapannya, pada tahun 2022, Dusun Ngunan-ngunan sudah siap untuk membuka diri menjadi Kawasan Eko Edu Wisata dan menjadi percontohan untuk wilayah lain dalam pengelolaan wilayah yang memegang prinsip sustainable development.

Ditambahkan Dini Yuniarti, turut hadir pula dalam acara pendampingan ini dari Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) DIY menyampaikan Pranatan Anyar Plesiran Jogja untuk mendukung terbentuknya Kawasan Eko Edu Wisata di Dusun Ngunan-ngunan. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI