Era Pandemi Covid-19, Harus Berpikir Panjang dan Kreatif

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Era pandemi Covid-19 ini harus berpikir panjang dan kreatif untuk menciptakan lulusan yang bermental baja.

“Punya pola pikir komputasional dan tetap berkarakter Islam yang berkemajuan. Saya yakin FAI mampu menjadi kawah andradimuka yang mampu membentuk pribadi lulusan berdaya saing,” kata Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr H Nur Kholis Mag kepada KRJOGJA.com, Rabu (24/03/2021).

Hal tersebut disampaikan terkait pelepasan wisuda 115 mahasiswa FAI-UAD secara daring melalui Zoom Meeting dan Channel YouTube Official FAI-UAD, Kamis (25/03/2021). Dalam momentum tersebut akan disampaikan pembekalan dan motivasi oleh dr Agus Taufiqurrahman MKes SpS.

Menurut Nur Kholis, berpikir panjang dan kreatif harus ditekankan agar cara berpikirnya tidak biasa-biasa saja. “Jangan membayangkan situasi sekarang serba normal dan enak. Situasi pandemi harus disikapi secara kreatif,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Dekan FAI-UAD, Arif Rahman MPd lulusan yang bagus akademiknya mungkin banyak, tapi lulusan yang punya kemampuan akademik mumpuni, bermoralitas tinggi, melek teknologi, sekaligus berkarakter Islami, itulah yang sulit dicari.

“Segenap prodi di FAI bekerja keras mempersiapkan pribadi lulusan dengan paket komplit semacam itu pada masa pandemi seperti ini. Harapan besar kami, lulusan FAI tidak hanya bangga membawa kertas ijazah, tetapi juga mampu beradaptasi di masyarakat luas dan siap menjadi kader-kader pencerah yang dapat mengimplementasikan ilmu secara solutif di berbagai daerah,” ujarnya.

Arif Rahman menyebutkan, sebanyak 115 mahasiswa FAI telah dinyatakan lulus yudisium pada periode Maret 2021. Total tersebut terdiri atas 28 mahasiswa prodi Ilmu Hadis, 7 mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab, 52 mahasiswa prodi PAI, 3 mahasiswa prodi PBS, dan 25 mahasiswa prodi magister PAI.

“Dari jumlah total tersebut, sebanyak 65 mahasiswa akan mengikuti wisuda Sabtu, 27 Maret dilaksanakan secara daring,” ujarnya.

Wisuda kali ini menjadi lebih istimewa bagi FAI Syariah (PBS) merasakan momen perdana bisa meluluskan mahasiswa angkatan pertamanya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI