Festival Kesenian Dongkrak Kunjungan Wisata Watu Mabur

Editor: KRjogja/Gus

DLINGO, KRJOGJA.com – Banyak cara ditempuh untuk mengembangkan objek wisata Watu Mabur di Dusun Lemahbang Mangunan, Dlingo Bantul. Salah satunya digelarnya festival reog dan jathilan oleh Dinas Pariwisata DIY. Dipusatkannya festival di destinasi wisata merupakan wujud kongrit pemerintah dalam melakukan promosi wisata.

"Festival ini diikuti enam  group reog dan enam group jathilan dari masing-masing dinas pariwisata kabupaten /kota di DIY "ujar Pengelola Obyek Wisata Watu Mabur, Aris Purwanto, Selasa (2/7). Latar belakang adanya festival kesenian tradisional ini, merupakan wujud apresiasi terhadap karya seni tradisi lokal yang cukup populer  di DIY.  Dari kegiatan itu, Aris sangat optimis mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di objek tersebut.

Tidak kalah penting dari festival itu ialah, mendukung pembinaan kesenian tradisional sebagai penopang sektor wisata. Ribuan orang memadati area wisata Watu Mabur. Dijelaskan, festival sudah digelar ke-11 rutin setiap tahun denan lokasi berpindah-pindah di DIY.

Aris mengatakan, jika jumlah kunjungan wisatawan ke objek Watu Mabur masih minim. Karena dalam hari-hari biasa, jumlah kunjungan di kisaran 30 – 50 orang.  Tetapi akhir-akhir ini kunjungan telah meningkat dikisaran angka 200 – 300 orang. (Roy)

 

 

BERITA REKOMENDASI