Festival Ketoprak Upaya Lestarikan Kesenian Tradisional di Bantul

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com –  Dalam rangka melestarikan kebudayaan ketoprak, Forum Komunikasi Ketoprak Bantul (FKKB) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul menggelar festival tahunan ketoprak Bantul, tingkat kecamatan se-Kabupaten Bantul, di kelurahan Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Kamis (27/9/2018). Festival Ketoprak ini berlangsung dari 25 September sampai 29 September 2018 diikuti oleh 17 kecamatan di Bantul.

Dari 17-kecamatan yang ikut andil dalam festival ketoprak ini diambil 6 pemenang. Dan keenam pemenang ini diikutsertakan lagi untuk mewakili kabupaten Bantul dalam lomba tingkat Provinsi. Setiap Kelompok Ketoprak yang mengikuti festival ketoprak ini membawakan keistimewaan masing-masing dari setiap kecamatannya.

"Selain diambil 6 pemenang, di festival ketoprak ini juga ada kriteria-kriteria pemenang lainnya, seperti adanya pemain terbaik, kostum terbaik, wayang laki-laki dan perempuan terbaik," kata salahsatu panitia festival.

Tak hanya melestarikan Ketoprak, acara festival ini sendiri juga untuk mengenalkan kepada masyarakat Ketoprak tidak hanya dinikmati atau di tonton untuk kalangan orang tua, melainkan juga untuk kaum-kaum muda agar dapat ambil andil dalam melestarikan Ketoprak itu sendiri. 

Acara yang diselenggarakan setahun sekali ini pun menarik perhatian banyak warga untuk berbondong-bondong menyaksikan festival Ketoprak ini. Selain untuk menonton ketoprak, kehadiran para penonton juga untuk menambah kemeriahan acara tahunan ini dan juga menghidupkan kembali Ketoprak di Yogyakarta khususnya Kabupaten Bantul. (*)

Naskah & Foto: Haidar putra

BERITA REKOMENDASI