FKY Sulap Kandang Menjangan jadi Panggung Animasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Suasana tampak berbeda di Panggung Krapyak atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kandang Menjangan, Jumat (28/07/2017) malam. Jika biasanya bangunan cagar budaya itu hanya disorot lampu kuning, kali ini terdapat animasi bergerak di tembok sisi timur, selatan dan barat.

Masyarakat pun terlihat sangat antusias menyaksikan presentasi video yang dikemas dalam Jogja Video Mapping Project (JVMP). Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya ratusan masyarakat yang rela berdesak-desakan dan menunggu pertunjukkan dimulai.

Presentasi video yang masih dalam rangkaian Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 tersebut diawali oleh karya Fanikini dengan judul Fabel. Setelah itu disusul oleh kolaborasi Anung – Moyo – Balance dan barulah giliran seniman lain seperti Kevin Rajabuan-Sarinande, Lepas Kendali Labs – Wirosatan – Heruwa, Modar, serta Rubahitam menunjukkan karyanya.

Direktur Program FKY Ishari Sahid menjelaskan, saat ini Yogyakarta sebenarnya sudah kehabisan landmark kota. Sehingga penggunaan bangunan untuk JVMP pun dilakukan di tempat yang hampir sama seperti FKY tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, menurut Ishari terdapat perbedaan dengan JVMP sebelumnya. Sebab, pada perhelatan kali ini seniman dan kolaborator yang turut terlibat dalam pertunjukan video jumlahnya lebih banyak. "JVMP kali ini menjadi berbeda sebab nantinya ada lebih banyak kolaborator dan tim seniman yang terlibat di dalam pertunjukan video tersebut," ujarnya.

Bagi masyarakat yang tidak sempat menikmati JVMP jangan khawatir, FKY 29 bakal kembali menggelar kegiatan serupa di halaman Jogja National Museum pada (02/08/2017) malam. Nantinya, karya yang diproyeksikan ialah hasil lomba lukis anak yang diselenggarakan pada (30/07/2017).

Koordinator Program JVMP FKY 29 Donny Rapahel menegaskan, projection mapping dengan melibatkan anak-anak diadakan agar karya hasil lomba lukis dapat diapresiasi lebih banyak orang dalam waktu bersamaan. “Jadi supaya anak-anak tahu bahwa ada media baru untuk berkarya, dan supaya mereka tambah semangat berkarya,” tegasnya. (Mg-10)

BERITA REKOMENDASI