Forum Komunikasi Lalu Lintas Fokus Upaya Penurunan Angka Kecelakaan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Forum Komunikasi Lalu Lintas Kabupaten Bantul yang terdiri dari unsur Polisi, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Bappeda dan Dinas PU-PKP didukung Satpol PP dan BPBD, Selasa (12/01/2022) melakukan rapat koordinasi di Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Bantul. Rapat koordinasi yang dibuka Kapolres Bantul AKP Ihsan SIK merupakan pertemuan Forum Lalu Lintas Bantul yang perdana 2022.

Forum Lalu Lintas Bantul sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 2011 untuk mengimplementasikan Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNKJ 2011-2035). Tetapi selama ini Forum Lalu Lintas Bantul  kurang greget, sehingga perlu lebih ditingkatkan sinergitasnya yang fokus terhadap upaya penurunan angka kecelakaan lalu lintas.

Diungkapkan Kapolres Bantul, dalam menindaklanjuti kecelakaan lalu lintas yang angkanya semakin tinggi, pemerintah mengeluarkan RUNK 2011-2035 dan telah ditindaklanjuti dengan Instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2013 , tentang program dekade aksi keselamatan jalan dengan target lima Pilar Aksi Keselamatan Jalan.

Lima Pilar Aksi Keselamatan Jalan tersebut, yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

“Untuk itu seluruh kalangan baik dari pemerintah maupun masyarakat harus turut berpartisipasi dalam upaya mengurangi tingkat kecelakaan dengan berkendara yang aman sesuai dengan peraturan yang ada,” papar Kapolres Bantul.

Sementara Kasatlantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiabudi SH MM menambahkan, dengan sinergitas dan target lima Pilar Aksi Keselamatan Jalan tersebut Forum Lalu Lintas Bantul akan mampu mewujudkan Kamtibcarlantas di wilayah Kabupaten Bantul.

Beberapa jalur yang tertinggi kasus kecelakaan lalu lintasnya yakni di Jln Yogya-Parangtritis, Jalan Bantul – Srandakan dan Jalur Lingkar Selatan Yogya dari Blok O hingga simpang empat Ketandan Banguntapan. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI