FPRB Sumberagung Rapatkan Barisan Perangi Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kalurahan Sumberagung Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul terus mengetatkan protokol kesehatan (Prokes). Laju penambahan penderita Covid-19 mesti ditanggulangi dengan membangkitkan kesadaran masyarakat pentingnya prokes. Sementara FPRB Kalurahan Sumberagung juga mendampingi warga yang akan menggelar hajatan.

Staf Pemerintahan Kalurahan Sumberagung Kapanewon Jetis Bantul, Ibnu Kanan didampingi anggota Babhinsa Kalurahan Sumberagung dari Koramil 09 Kapanewon Jetis Bantul, Serka Agus Haryono, Rabu (27/1) menjelaskan, selain melaksanakan penyemprotan disinfektan. FPRB, Babhinkamtibmas dan Babhinsa juga melaksanakan strerilisasi udara dengan sistem ozon.

Ibnu Kanan mengungkapkan, terkait pelaksanaan hajatan oleh masyarakat selama pandemi Covid-19. Sesuai Instruksi Gubernur dan Bupati harus mengajukan surat izin di Kapanewon Jetis. Jika sudah keluar izin akan ditembuskan ke desa. Sehingga dari FPRB, puskesmas, babhinsa dan babinkamtibmas melakukan pengecekan dilokasi hajatan.

“Sebelum hari H kegiatan hajatan kami melakukan pengecekan untuk mengetahui penataan kursi hingga sarpras pendukung prokes. Kemudian hari H juga kami pantau langsung terkait pelaksanaanya, termasuk kuota tamu maksimal 50 orang. Ketika tamunya 100 orang dishif dua kali,” ujar Ibnu Kanan.

Selama pandemi, sudah ada 4 warga mengajukan izin ke Kapanewon Jetis Bantul. Dari pelaksanaan empat hajatan tersebut semua menjalankan sesuai Prokes. “Kami hanya memantau, jangan sampai warga menggelar hajatan tetapi melanggar prokes. Harapan kami semua bisa berjalan dengan baik,” ujar Ibnu Kanan.

BERITA REKOMENDASI