Gak Nyangka! Animatronik Dinosaurus Ini Buatan Pemuda Asli Bantul

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Muhammad Iqbal Firmansyah (21), pemuda asal Pedukuhan Petet, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul sukses berbisnis “Dinosaurus”. Pemuda lulusan SMK itu membuat animatronik karakter hingga kostum dinosaurus yang diminati hingga luar DIY dengan harga per unit mencapai puluhan juta Rupiah.

Beberapa waktu lalu, Iqbal sempat ramai diberitakan saat membuat dinosaurus penarik gerobak. Begitu pula video dinosaurus yang diturunkan dari truk di Mojosemi Jawa Timur, ternyata animatorik tersebut juga diproduksi Iqbal di Potorono.

Beberapa tahun silam, Iqbal mengaku memiliki ide membuat animatorik dinosaurus setelah dia berjalan-jalan ke mall. Saat itu ia melihat dinosaurus yang bergerak namun sayangnya tidak boleh dipegang.

Dari pertanyaan itulah lulusan jurusan Teknik Kendaraan Ringan ini mencoba membuat replika dinosaurus di rumahnya pada tahun 2018. Hingga akhirnya dia mampu membuat dinosaurus yang berjalan dan menarik gerobak dan berhasil.

“Karena banyak yang tertarik dan ada pesanan kostum, akhirnya saya mulai membuat membuat kostum dan animatronik karakter dinosaurus lainnya yang dipelajari dari film Jurassic Park. Jadi kostum Dinosaurus ini bisa berjalan, bersuara, bergerak, sehingga menyerupai aslinya. Untuk navigasinya pakai stang (di dalam kostum dinosaurus),” ungkap Iqbal pada wartawan, Sabtu (13/2/2021).

Kostum dan animatorik dinosaurus buatan Iqbal bisa berjalan dengan cukup mirip dengan aslinya. Kostum dinosaurus digerakkan dua orang dari dalam dengan sumber penglihatan dari monitor yang terhubung pada kamera depan dan belakang.

“Di dalamnya kita kasih kipas angin dan blower agar yang di dalam itu tidak sumuk. Jadi pertama memang kami maksimalkan gerakannya dulu, setelah bagus baru dibungkus pakai kulit. Itu pakai rangka besi dengan sistem mekanis,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI