Gak Nyangka! Animatronik Dinosaurus Ini Buatan Pemuda Asli Bantul

Editor: Agus Sigit

Dibantu bapak dan delapan karyawan, Iqbal juga membuat karakter Tyrannosaurus Rex, Abelisaurus, Velociraptor, Spinosaurus, Majungasaurus, Ankylosaurus, Coelophysis, Allosaurus hingga Dilophosaurus. Mereka bekerja dengan alur seperti membuat rangka, menyusun gerak, hingga membuat kulit dan finishing.

“Untuk kulit penutup terbuat dari busa yang dicampur latek, lalu dibalut dengan kain biar ndak mudah sobek. Setelah itu dibalut lapisan silikon lalu tahap akhir pengecatan. Butuh waktu 2-3 minggu untuk menghasilkan satu unit kostum atau animatronik dinosaurus. Agak lama karena susah membentuk mekanisme supaya tidak merusak anatomi binatang, harus sinkron antara bentuk dan gerakan biar proporsional,” lanjut Iqbal.

Sampai saat ini workshop miliknya sudah memproduksi 100 unit kostum dan animatronik dengan rata-rata per pieces dihargai Rp 5 hingga 100 juta. Karakternya sudah terpasang di Taman Mini Indonesia Indah, Jember, Blitar, Magetan, Rembang, Taman Pintar Yogyakarta dan Purbalingga.

Kini, Iqbal berupaya agar dinosaurusnya bisa sampai ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Ia mengaku sedang mengerjakan lima unit pesanan setelah sempat rehat akibat pandemi sejak Februari hingga Agustus 2020 lalu. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI