Gelar Pengajian, MTSN 5 Bantul Ikhtiar Hadapi Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – MTsN 5 Bantul mengadakan pengajian rutin Ahad Kliwon Pagi di Musala Madrasah, Minggu (15/3/2020) mengangkat tema ‘Menyikapi Wabah Covid-19’. Pengajian menghadirkan penceramah Musa Surahman SAg MPdI diikuti ratusan jemaah terdiri wali siswa dan guru. Pengajian diawali dzikir dan tahlil.

Dalam tausiyahnya, Musa Surahman yang juga Kepala Madrasah Negeri 2 Bantul mengatakan, tiga ikhtiar yang dapat dilakukan untuk menghadapi pandemi Covid-19 tersebut. Pertama, jangan mendekati area tempat penyakit mewabah jika belum terjangkit virus dan tidak keluar dari area tempat tinggal bagi yang sudah terjangkit virus tersebut.

Musa mengangkat suatu kisah Umar bin Khattab RA yang ditanya oleh sahabatnya ketika wabah mematikan menyebar di zaman itu. Umar RA berusaha menghidari daerah yang sudah terjangkit namun oleh sahabatnya ditanya, “Kenapa takut hanya karena penyakit?. Bukankah takdir kita sudah digariskan andai kita lewat daerah tersebut?. Lalu Umar RA menjawab, “Saya tidak menghindari penyakit, saya hanya mencari takdir Allah yang lain,”.

Ikhtiar yang kedua, kata Musa adalah menjaga kebersihan diri. Disarankan mencuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik sembari mengusap seluruh permukaan telapak tangan maupun jari. Cara ini bisa dengan sekaligus melakukan wudlu sebelum ibadah salat wajib 5 waktu maupun sholat sunnah seperti dhuha dan tahajjut. “Adapun usaha terakhir adalah tawakal. Bukan pasrah, karena kalau pasrah adalah tidak melakukan usaha apapun,” terang Musa.

BERITA REKOMENDASI