Gelimasjiwo Raih Top 45 Lomba Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021

BANTUL, KRJOGJA.com – Gerakan Peduli Masyarakat Sehat Jiwo ( Gelimasjiwo) berhasil meraih Top-45 Lomba Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI. Lomba Kompetisi ini diikuti 3.500 peserta dari berbagai instansi se Indonesia. Dari jumlah tersebut pada tahap semifinal diambil 90 juara dan finalnya terpilih 45 juara atau Top-45. Salah satunya yakni Gelimasjiwo.

Menurut Asekda Bidang Sumberdaya dan Kesejahteraan Rakyat, Ir Pulung Haryadi MSi pada acara Gebyar Gelimasjiwo di Gedung Maducandha Minggu (5/12/2021), Gelimasjiwo merupakan program inovasi Pemkab Bantul untuk menangani permasalahan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), diawali dari Puskesmas Kasihan 2 yang muncul dari inisiatif seorang perawat, Siti Mulyani AMd Kep, yang sekarang sudah direplikasi di beberapa Puskesmas di Bantul.

Sementara menurut Siti Mulyani, terbentuknya Gelimasjiwo diawali tahun 2012 dari keprihatinan kondisi masyarakat di Kasihan wilayah tugas Puskesmas Kasihan 2 yang waktu itu terdapat banyak warga berkreteria ODGJ dengan kondisi ekonominya yang memprihatinkan dan tidak ada upaya untuk pengobatan.

“Waktu itu, melihat kondisi tersebut kami berpikir harus diapakan ini, sehingga kami mengambil inisiatif untuk menangani mereka yang tidak berdaya menjadi berdaya. Mereka harus diobati,” papar Siti Mulyani.

BERITA REKOMENDASI