Generasi Muda Tumpuan Masa Depan Bangsa

BANTUL, KRJOGJA.com – Sosialisasi MPR RI, pemahaman tentang berbangsa dan bernegara, pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika digelar di Gatak Kalurahan Timbulharjo Kapanewon Sewon Bantul. Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber, Anggota Komisi III DPR RI Drs HM Idham Samawi. Sosialisasi diikuti berbagai elemen masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Idham mengatakan, jika pancasila ‘digali’ dari bumi Indonesia dengan beragam suku bangsa, bahasa dan budaya. Dengan latarbelakang tersebut Pancasila pasti sejalan jika disejajarkan dengan agama di Indonesia. “Bahkan pancasila tidak akan bertentangan ketika disejajarkan dengan budaya Jawa, budaya Bugis, budaya Batak,” ujar Idham. Dalam acara tersebut dihadiri Tenaga Ahli DPR RI, Noor Janis Langga Barana. Sementara sosialisasi dipandu moderator, Nono Karsono.

Kekuatan pancasila dalam manyatukan bangsa Indonesia tidak perlu diragunkan. Hal tersebut dibuktikan ketika bangsa Indonesia memasuki usianya ke-76. Namun berkat pancasila, hingga sekarang Indonesia masih utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sementara ada negara dibelahan bumi lain tercerai berai karena perbedaan beberapa hal. Oleh karena itu, generasi muda sebagai tumpuan masa depan bangsa harus memahami nilai nilai dalam pancasila.

Sementara Wan Rasyid, dari PPM Aswaja lebih fokus mengulas posisi media dalam konflik politik antara masyarakat di Benua Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Tentunya dengan narasi atau perspektif berbeda dalam pemberitaan. “Saya mengambil sebuah sampel ketika penggulingan Presiden Mesir Mohamed Morsi, tahun 2013. Waktu itu demontrans besar menentang presiden,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI