Gerakan Ketahanan Pangan oleh Kompaster Gestari 

BANTUL, KRJOGJA.com – Kebijakan pembatasan sosial sebagai pencegahan penularan Covid-19 efektif melumpuhkan perekonomian terutama bagi pekerja sektor informal. Kompaster Gestari sebagai salah satu komunitas pengelola sampah di Dusun Gesikan, Sewon, Bantul belerjasama dengan Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran tergerak untuk mengatasi persoalan pangan di tengah wabah pandemi Covid 19 ini.

Dari Tim Pengabdian Masyarakat UPNV dari Prodi Teknik Lingkungan,  Ika Wahyuning Widiarti, S.Si, M.Eng, Sabtu (26/9) menuturkan Kompaster Gestari ingin menjadi pelopor dan penggerak dalam penanaman sayur dan tanaman obat keluarga (Toga) di pekarangan rumah. Hal ini dilakukan agar tercipta ketahanan pangan mandiri pada warga Dusun Gesikan baik selama wabah pandemi ini maupun ketika wabah telah berakhir.

Titi Tiara Anasstasia, ST., M.Sc menambahkan kegiatan yang dilakukan yakni pelatihan membuat pupuk cair dari sampah organik dan melatih anggota Kompaster Gestari bertanam sayur dan toga mulai dari penyemaian, pemupukan hingga pemanenan.

BERITA REKOMENDASI