Gerakan Literasi Sekolah, Dongkrak Minat Baca Siswa

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KRjogja.com) – Program gerakan literasi sekolah (GLS) SMAN 2 Bantul tidak sekadar mendorong minat baca dikalangan siswa meningkat. Dari program itu bisa dijadikan sebagai sarana bagi keluarga besar SMAN 2 Bantul mampu mengakses, memahami serta menggunakan secara cerdas sumber literasi. SMAN 2 Bantul merupakan salah satu sekolah di DIY yang ditunjuk Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan GLS. Program tersebut diluncurkan, Senin (05/09/2016) di SMAN 2 Bantul.

Kepala SMAN 2 Bantul, Drs Isdarmoko MPd MPar mengungkapkan, program GLS di SMAN 2 Bantul dijalankan dengan berbagai konsep. "Kami dorong keluarga besar SMAN 2 Bantul ini benar-benar menjalankan program, siswa, guru, karyawan. Termasuk ada pembinaan lima sekolah imbas ikut dalam program GLS," ujar Isdarmoko.

GLS di SMAN 2 Bantul diterjemahkan dalam berbagai model karena literasi itu sendiri banyak sumber, diantaranya, buku, internet, karya pujangga, cerpen hingga karya ilmiyah. Khusus di SMAN 2 Bantul, sebelum pelajaran mulai dialokasikan waktu 15 menit untuk menjalankan program GLS.

"Sebagai pematau program untuk mengetahui indikator tingkat keberhasilan, ada 15 orang bertugas melakukan pendataan, perekapan kegiatan," ujarnya.

Program akan terus dijalankan agar GLS kedepan membawa dampak langsung kepada siswa, terutama menumbuhkan minat baca siswa makin meningkat dan berkarakter. Bahkan masing-masing anak disetiap kelas di SMAN 2 Bantul diwajibkan membawa satu buku non mata pelajaran. (Roy)

BERITA REKOMENDASI