Gerindra Klaim Bangun Koalisi Banyak Partai 

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Rekomendasi  DPP Partai Gerindra untuk bakal calon bupati  Pilkada Bantul dipastikan jatuh ke Drs H Suharsono. Kepastian itu sekaligus menipis munculnya rumor adanya penjaringan ulangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Bantul. Sementara DPD PKS  Bantul hingga kini belum menentukan sikap apakah merapat kepada duet Harsono – Totok Sudarto atau Abdul Halim Muslih – Joko Purnomo

“Final untuk bakal calon bupati Bantul dari Partai Gerindra Pak Suharsono yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Bantul,” ujar Sekretaris DPC Partai Gerindra Bantul Darwinto SH, Kamis (18/06/2020).

Darwinto mengatakan, jika Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani sudah menegaskan, untuk bakal calon bupati yang direkomendasikan DPP ialah Suharsono.  Darwin mengatakan,  bakal calon bupati Bantul dari Gerindra hampir pasti menggandeng bakal calon wakil bupati yang diusung Partai Golkar Bantul yakni Totok Sudarto.

Totok juga sudah mendapatkan surat keputusan dari DPP Partai Golkar supaya mencari pasangan bakal calon bupati Bantul. Selain koalisi Partai Gerinda dan Partai Nasdem, yang bakal  mengusung Suharsono – Totok Sudarto.

Partai Golkar, PPP dan PKS juga bakal segera merapat ke kubu Suharsono-Totok. Dengan demikian, secara  keseluruhan ada 20 kursi di DPRD Bantul yang akan mengusung Harsono – Totok dalam Pilkada Bantul.  Darwinto optimis PAN yang hingga kini belum bersikap entah bergabung koalisi PKB-PDIP atau koalisi Gerindra-Nasdem nantinya juga akan merapat ke koalisi Gerindra-Nasdem ditambah Partai Golkar dan PKS.

Ketua DPD PKS Kabupaten Bantul H Amir Syarifuddin mengatakan, sikap PKS dalam Pilkada Bantul sangat ditentukan oleh hasil survei terhadap dua kandidat. Oleh karena itu, PKS tetap menjalin komunikasi baik dengan Suharsono atau dengan Abdul Halim Muslih.

“Sikap PKS nantinya  sangat ditentukan oleh hasil survei elektabilitas bakal calon yang ada. Dan survei akan segera kita mulai,  masih cukup waktu untuk melakukan survei di lapangan sebelum bersikap akan merapat ke Pak Harsono – Totok atau Pak Halim- Joko,” ujarnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI