Gerindra Tegaskan, Balon Harus Daftar

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Regulasi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra menyebutkan jika ingin menjadi bakal calon wakil bupati (balon cawabup) Bantul harus mendaftar ke partai. Semua harus melalui mekanisme yang sudah ditentukan oleh partai. Karena semua balon cabup atau cawabup semua ditentukan oleh DPP Partai Gerindra.

“Kalau mau jadi balon cawabup harus daftar, kami punya mekanisme sendiri. Setelah mendaftar itu ada tahapan fit and proper test juga oleh DPD Gerindra DIY, setelah itu DPP juga melakukan seleksi,” ujar Sekretaris DPC Partai Gerindra Darwinto SH, Kamis (09/01/2019).

Baca juga :

Sultan: Waspadai Angin Kencang dan Tanah Longsor
Optimis, Kunjungan Wisman di DIY Capai Satu Juta

Menurutnya Partai Gerindra harus berkoalisi untuk mengusung balon cabup dalam Pilkada mendatang, oleh karena itu dibutuhkan figur balon cawabup dari partai. Nanti setelah DPP menentukan cabupnya tentu kemudian disuruh memilih nama-nama cawabup yang sudah masuk dan mengikuti mekanisme partai.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Pilkada Bantul, Kusbowo Prasetyo SH untuk saat ini tahapan pemilu di Bantul sudah dilaksanakan. Mulai pendaftaran, verifikasi survei internal DPC PDIP Perjuangan Bantul hingga survei yang dilakukan DPP PDI Perjuangan.

Semua tahapan sudah dilaksanakan dan sekarang ini sudah diserahkan ke DPP PDI Perjuangan. “Sekarang keputusan ada di DPP, tinggal mengumumkan saja,” ujar Kusbowo dihubungi sela menghadiri Rakernas Partai PDI Perjuangan di Jakarta.

Bahkan dalam survei oleh DPP muncul empat nama, yakni Joko Purnomo, Bambang Wisnu Handoyo, H Abdul Halim Muslih dan juga H Hanung Raharjo ST, meski dalam pemilu tahun ini Hanung tidak mendaftar baik Cabup dan Cawabup. “Dalam survei DPP ini elektabilitas empat nama itu memang sangat tinggi. Sekarang ini kami tinggal menunggu pengumuman dari DPP PDI Perjuangan. Siapapun rekomendasi yang keluar dari DPP kami siap melaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu Totok Sudarto yang dirumorkan bakal mendampingi Drs H Suharsono dalam Pilkada Bantul  menyatakan kesiapannya. Totok mengungkapkan, ketika nanti memang benar digandeng sebagai balon cawabup Bantul menyatakan bersedia. (Roy)

BERITA REKOMENDASI