GKR Hemas: Pacu Kembali Semangat Kebangsaan

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas terus mengajak masyarakat untuk memacu kembali semangat kebangsaan. Hemas menilai, belakangan ini semangat kebangsaan dari rakyat Indonesia mengalami penurunan, yang bisa jadi akibat dahsyatnya tekanan ekonomi dan masalah kesehatan karena adanya pandemi.

“Sangat wajar bila perhatian kita kemudian menjadi terfokus ke persoalan-persoalan ekonomi dan kesehatan karena pandemi. Tapi sayangnya banyak yang kemudian menjadi abai, tidak mempedulikan orang lain,” terang Hemas saat menyampaikan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika di Joglo Suhartono, Padokan Kidul Kasihan Bantul, Sabtu (29/5/2021). Pembicara lain aktivis Widihasto Wasana Putra dan Nono Karsono.

Menurut Hemas, selain masalah dampak pandemi, Indonesia juga dihadapkan berbagai masalah kebangsaan yang berpotensi menimbulkan perpecahan. Seperti masalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sampai dengan tidak lolosnya beberapa penyidik KPK pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). “Masalah-masalah kebangsaan ini harus diselesaikan,” katanya.

Untuk memacu kembali semangat kebangsaan ini, Hemas menyampaikan beberapa saran yang dimulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya biasakan diri untuk mendengarkan lagu kebangsaan, ikuti semua lirik lagunya dan hayati maknanya. “Jangan cuma mendengarkan sambil lalu saja. Ambil sikap sempurna bayangkan bagaimana pendahulu kita harus berjuang merebut kemerdekaan,” katanya.

Selain itu, ajak keluarga dan tetangga untuk berpartisipasi mencintai bangsa dan mempertahankan persatuan. Kemudian jauhkan diri dari organisasi terlarang dan kelompok-kelompok yang menentang Pancasila. “Kita harus memberi contoh bagaimana harus menghormati Indonesia Raya, menghormati Merah Putih, menghormati Garuda Pancasila dan simbol-simbol negara yang lain,” pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI