Grojogan Pucung Destinasi Wisata Eksotik

BANTUL, KRJOGJA.com -Di wilayah Desa Seloharjo Pundong Bantul, ternyata ada destinasi wisata alam yang cukup eksotik. Belum banyak yang tahu jika ada Grojogan Pucung (air terjun) yang sangat indah di Kalipakem RT 04 Seloharjo Pundong Bantul. Air terjun ini berada di bawah tebing dusun Sorotopo. 

Di bagian bawah grojogan terdapat kedung yang airnya sangat bening, mengalir ke bawah membentuk air terjun bertingkattingkat. "Kondisi alam sekitar air terjun juga masih sangat alami," tutur Sutanto, salah seorang pengunjung Grojogan Pucung, Sabtu (5/1). 

Diakui oleh Sutanto, objek wisata ini memang belum banyak diketahui orang, karena memang letaknya cukup terpencil. Namun demikian kondisi itu justru menjadi tantangan bagi para pecinta keindahan alam sejati seperti Sutanto. Untuk mencapai lokasi tersebut, menurut Sutanto memang butuh perjuangan karena harus melalui jalan setapak. 

"Setelah melewati jalan setapak, pengunjung disuguhi dengan tantangan jembatan bambu yang diikat di pepohonan. Di jembatan bambu ini pengunjung bisa berfoto, karena latarbelakang pepohonan dan tebing sangat indah, jadi sayang sekali kalau melewatkan momen indah ini,” ujar Sutanto.

Untuk sampai ke grojogan masih harus terus menelusuri jalan setapak yang licin sekitar tiga ratus meter. Kelelahan pengunjung akan terbayar begitu menyaksikan indahnya Grojogan Pucung. Air terjun yang bening dan deras tersebut berada di antara bebatuan yang dikelilingi teduhnya pohon yang rimbun. Di samping kanan kiri dilengkapi dengan bangunan bambu sederhana sekadar untuk melepaskan penat setelah menempuh perjalanan yang melelahkan.

Sementara itu Lurah Desa Seloharjo Marhadi Badrun didampingi Carik Desa Arief Zulianto mengakui, sampai saat ini pihaknya belum memberikan kontribusi dana untuk pengembangan Grojogan Pucung. ”Kami baru bisa menganggarkan untuk pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat desa. Saya berharap dari pembinaan ini destinasi wisata secara umum di Seloharjo bisa tertangani dan dikelola dengan baik," terang Marhadi. (Aje)

BERITA REKOMENDASI