Gugus Bagong, Penghormatan untuk Sang Maestro

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA,com – Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) menggelar acara gelar seni budaya bertajuk “Gugus Bagong: Gelar Seni dan Forum Temu Akbar Alumni Cantrik-Mentrik Nusantara & ASEAN”. Even ini digelar pada 18-20 Oktober 2018 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Desa Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul Dalam rangka Memperingati 90 tahun seniman Bagong Kussudiardja, 60 tahun Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja (PLTBK) dan 40 tahun PSBK.

Gelar seni Gugus Bagong merupakan sebuah penghormatan untuk Bagong Kussudiardja dan sarana berbagi kepada masyarakat tentang kiprah, warisan budaya, dan kontribusi Bagong Kussudiardja pada perjalanan seni dan budaya Indonesia modern.

Gelar Seni Gugus Bagong kali ini menampilkan karya karya dan kesenian dari para murid yang pernah berguru kepada maestro Bagong atau biasa disebut dengan Cantrik dan Mentrik yang berasal dari nusantara dan lingkup ASEAN.

Dalam tiga hari perhelatan yang terbuka bagi masyarakat umum ini, akan tampil cantrik mentrik dari berbagai daerah seperti Bengkel Seni Sekar Taruna Kie Raha dari Ternate, Sanggar Tari Kenari dari Pasuruan, Sri Warisan Som Said Performing Arts dari Singapura, Sangar Seni Pringgadhing (Ati Handoyo) dari Cirebon, Sanggat tari Kembang Sore (Untung Muljono) dari Sleman, DIY, Kontemporaryong Gamelan Pilipino dari Filipina, dan cantrik mentrik yang lannya.

Gugus Bagong diharap dapat menjadi salah satu pelestarian budaya nusantara warisan karya Bagong Kussudiardja dan sekaligus mampu menginspirasi generasi sekarang dan masa depan. (Dinda)

 

 

BERITA REKOMENDASI