Guru dan Lansia di Yogya Siap Jalani Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KR) – Setidaknya 2.300 dari total sekitar 12.000 sasaran penerima vaksin tahap kedua yaitu ASN Pemda DIY dan instansi vertikal telah mengawali menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Jogja Expo Center (JEC) sejak Senin (29/03/2021) hingga Sabtu (03/04/2021) mendatang.

Selain itu, Pemda DIY akan fokus melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal yang dialokasikan sekitar 10.000 hingga 12.000 vaksin bagi para guru atau tenaga pendidik, pelaku pariwisata, pelaku UMKM dan warga lanjut usia (lansia) di DIY mulai pekan depan.

“Kami akan selesaikan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua massal bagi ASN dan instansi vertikal di lingkungan Pemda DIY dosis kedua pada awal April 2021 ini. Setelahnya kita lanjutkan menggelar vaksinasi tahap kedua massal bagi guru, pelaku pariwisata pelaku UMKM hingga lansia, kami sudah tawarkan kepada mereka. Yang agak banyak lebih dari 500-an lansia minggu depan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie.

Pembajun mengatakan pihaknya telah menyiapkan alokasi 10.000 hingga 12.000-an vaksin untuk vaksinasi massal pekan depan. Namun pihaknya tetap mempertimbangkan lansia yang usianya di atas 70 tahun disarankan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 di RS. Sebab pelaksanaan vaksinasi bagi lansia perlu penanganan khusus.

“Kami berharap pelaksanaan vaksinasi bagi guru juga bisa dilaksanakan secepatnya minggu depan. Setidaknya vaksinasi dengan sasaran guru telah dimulai di beberapa kabupaten/kota sebelumnya. Intinya kami mau membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini, targetnya sih bisa menyasar 4.000 guru di DIY karena sisanya bisa dibantu kabupaten/kota,” terangnya. (Ira/Ria)

BERITA REKOMENDASI