Guru Harus Lakukan Inovasi Media Pembelajaran

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Menghadapi tantangan di era industri, guru harus melakukan inovasi pembelajaran. Ini konsekuensi harus dilakukan tidak ada tawar-menawar lagi. Setidaknya guru memiliki wawasan yang memadai bidang disiplin ilmu yang digeluti dan menguasai berbagai teknologi informasi untuk mendukung profesi sebagai guru Matematika.

Demiikian diungkapkan Dra Sumargiyani MPd, dosen prodi Pendidikan Matematika Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kepada KRJOGJA.com, Jumat (12/02/2021). Hal tersebut disampaikan terkait dengan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Muhammadiyah Mertosanan, Kabupaten Bantul.

Dalam pelaksanaan PKM SD dilakukan bersama Tri Riyadi SSI MIT dari Prodi Sistem Informasi – UAD. Pelaksanaan juga dibantu enam mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika yakni Abi, Sukaji, Fajri, Jodi, Risma dan Aisyah. “Dalam pelaksanaan PKM di SD ini memberikan pelatihan media pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam penyampain pembelajaran,” ujarnya.

Dijelaskan Sumargiyani, kegiatan pelatihan dilakukan dua tahap. Tahap pertama memberikan pelatihan dengan tema ‘Peran Teknologi dalam Pembelajaran, Model-model Pembelajaran Matematika Menggunakan IT’.

Kemudian tahap kedua pelatihan penggunaan Geogebra untuk penyampaian materi Matematika. “Bentuk pelatihan ini untuk membekali guru dalam mengahadapi tantangan di era revolusi industri dan dalam melakukan inovasi-inovasi pembelajaran,” ucapnya.

Disebutkan Sumargiyani, kegiatan ini diikuti oleh 17 Guru SD Muhammadyah Mertosanan dan mereka memberi masukan 84,8 % paham dan 15,4% menjadi sangat paham aplikasi Geogebra 92,3% setuju akan menerapkan aplikasi ini. Dalam pembelajaran sebanyak 92,3 % akan menggunakan aplikasi Geogebra dalam pembuatan soal Matematika , modul atau Lembar Kerja Siswa (LKS) 61,5% peserta setuju dan 38,5% sangat setuju jika diberikan pelatihan dengan tema yang lain. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI