Guru Ujung Tombak Cetak Generasi Harapan Bangsa

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Profesi guru menjadi penentu dan ujung tombak tumbuhnya generasi unggul harapan masa depan bangsa. Guru menjadi fasilitator sekaligus motivator terciptanya pembangunan karena banyaknya profesi besar lahir dari sosok seorang guru.

Posisi guru menjadi tempat yang strategis untuk menyatukan segala suku, agama dan profesi. Bahkan guru menjadi wadah dalam mengembalikan dan memperkenalkan kembali kebudayaan yang telah lama dilupakan peserta didik.

Pada momen Gebyar Budaya yang digelar di SDIT Insan Utama Yogyakarta beberapa hari lalu di sekolah setempat diisi kegiatan pembacaan ikrar bersama. Dalam ikrar tersebut para guru mengajak siswa untuk kenbali kepada kebudayaan nusantara.

ketua Korwil SD se-Kecamatan Kasihan, Ganjari mengatakan sdukasi pengenalan kebudayaan seperti ini haruslah menjadi program rutin bagi sekolah. "SDIT Insan Utama Yogyakarta mempelopori gerakan cinta budaya ini sebagai gerakan bersama. Semoga diikuti oleh sekolah lainnya," ujar Ganjari.

Pendidikan kebudayaan pada generasi muda menurutnya harus segera di realisasikan. Pendidikan akan kebudayaan serta nilai luhur harus ditanamkan kembali, tidak hanya oleh guru saja melainkan menjadi tanggungjawab bersama.

Gebyar budaya yang digelar SDIT Isan Utama ini mengangkat tema membangun generasi yang berakhlak dan berbudaya. Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Kecamatan Kasihan Suparmadi, Kapolsek Kompol Tarwoco Nuhgroho, Danramil Kapten (Inf) Rajiko serta tokoh masyarakat. (*)

BERITA REKOMENDASI