Hadroh Al- Hikmah Sareyan Wonokromo Terima Bantuan Pengembangan Budaya dan Ekonomi

Editor: Agus Sigit

PLERET, KRjogja.com – Komunitas Hadroh Al- Hikmah Sareyan Wonokromo Pleret Bantul menerima bantuan program kearifan lokal dari Kementerian Sosial RI lewat Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, senilai Rp 50 juta. Selanjutnya dana bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk sarana prasarana kelengkapan kesenian hadroh dan modal pemberdayaan ekonomi berupa 8.000 ekor bibit ikan patin.

Penebaran binih ikan patin dilakukan Jumat (7/1) diawali oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY, Sigit Alvianto SE diikuti perwakilan dari Kantor Kemenag Bantul, Dinas Kebudayaan Bantul maupun Forkompimkap Pleret Bantul.

Sigit Alvianto menjelaskan, program kearifan lokal ini merupakan program dari Kementerian Sosial RI lewat Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial. “Tujuannya adalah bagaimana kegiatan ini bisa menguatan budaya, kesenian ataupun kegiatan-kegiatan positif yang ada di masyarakat. Juga untuk melestarikan budaya ,moral maupun mental yang baik dan bisa diwadahi atau dikelola dalam sebuah komunitas,” papar Sigit.

Bukan hanya positif saja, tetapi juga harus produktif buat pengembangan kegiatan bagi remaja, anak-anak sebagai generasi penerus. Sampai dengan edukasi budaya perilaku, ucapan, unggah- ungguh atau sopan- santun.

Menurut Sigit, ada berbedaan program kearifan lokal dulu dan yang sekarang. Kalau yang sekarang ada program pemberdayaan ekonominya. Karena itu dari sebagian dana yang dibantukan tersebut dibelikan bibit ikan patin sebagai stimulus. Dihararapkan pemberdayaan emonomi tersebut bisa berkembang dan hasilnya untuk mengembangkan usaha pemberdayaan ekonominya.

Sementara Ketua Komunitas Hadroh Al-Hikmah, Sudiyanto mengemukakan, keberadaan kelompook hadroh di Sareyan sudah lama dibentuk dan memang memerlukan bantuan untuk pengadaan sarana maupun prarananya. “Komunitas Hadroh ini memang diarahkan untuk kegiatan generasi muda,” pungkas Sudiyanto. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI