Harga Bawang Mulai Stabil

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Usai melambung tinggi di awal puasa, harga bumbu dapur mendekati akhir puasa mulai beranjak stabil. Beberapa harga komoditas yang sebelumnya melambung tinggi yakni bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit, kini beranjak turun dan mendekati harga normal.

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Bantul Atun menuturkan harga bawang putih pada awal puasa mencapai Rp 65.000 perkilogram. Sementara mendekati akhir puasa harga komoditas ini turun dan stabil di harga Rp 30.000 perkilogram. "Bawang merah yang sebelumnya mencapai Rp 50.000 perkilogram sekarang sudah Rp 25.000 perkilogram," jelasnya.

Jumiyem pedagang lain mengatakan seminggu yang lalu harga cabai rawit mencapai Rp 20.000 perkilogram, namun kini harga turun menjadi Rp 15.000 perkilogram. Meski demikian untuk cabai keriting justru mengalami kenaikan, sebelumnya harga Rp 20.000 perkilogram saat ini justru Rp 25.000 perkilogram.

"Harga beberapa kebutuhan pokok pada menjelang akhir Ramadan justru stabil misal sayuran, minyak goreng dan beberapa komoditas pokok lain cenderung stabil," katanya.

Salah satu pembeli Ernita mengaku harga komoditas menjelang Lebaran justru stabil. Hal ini sangat memudahkan dan menyamankan konsumen. "Konsumen jadi tenang tidak ada penimbunan barang alias konsumen tidak melakukan aksi borong karena tidak khawatir harga naik dan stok barang habis," akunya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI