Harga Bibit Bawang Merah Menggeliat

BANTUL, KRJOGJA.com – Pada triwulan ke tiga (Juli-September), harga bibit bawang merah mulai menggeliat naik. Disebabkan pada triwulan ketiga ini, musim dan cuaca sedang cocok untuk bertanam dan pembibitan bawang merah. Beberapa petani di kawasan Sanden mengaku, hasil penjualan terutama bawang merah bibitnya mencapai keuntungan yang memuaskan.

Salah satu petani bawang merah kawasan Sanden, Tur Haryanto, Minggu (23/7) mengaku, dengan kondisi saat ini bisnis bawang merah yang ia geluti selama berpuluh-puluh tahun, baru kali ini ia merasakan keuntungan yang lumayan.

"Modal balik 100 persen, terutama karena saya menjual bawang merah untuk keperluan pembibitan. Dari pengalaman saya, untuk menyimpan panenan bibit bawang merah supaya tahan lama dan hasilnya maksimal untuk keperluan pembibitan, ternyata cukup menggunakan cara tradisional, yakni hanya di gantung saja. Biasanya petani menggunakan
media macam-macam seperti pengawet dan sebagainya, ini malah tidak maksimal hasilnya," jelas Tur Haryanto.

Ia mengaku untuk bibit bawang merah yang dihasilkannya ia jual Rp 50.000/kg. Dengan asumsi 1 kg bibit bawang merah, dapat menghasilkan antara 15 hingga 20 kg bawang merah saat musim kemarau. "Kalau musim hujan 1 kg bibit bawang merah menghasilkan 10 kg panenan sudah bagus," tambahnya lagi. (Aje)

BERITA REKOMENDASI