Harga Cabai Jatuh Petani Rombak Tanaman

Editor: Ary B Prass

SANDEN, KRJogja.com–  Sejumlah sektor  yang selama ini dianggap mampu jadi benteng pertahanan warga dari badai pandemi Covid-19 kini mulai bertumbangan. Sektor wisata lebih dahulu terjungkal setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan penutupan. Kini sektor pertanian sebagai motor penggerak ekonomi berbasis masyarakat  rontok setelah harga jual cabai jatuh diangka Rp 5 -6 ribu /kg.
Petani lahan pasir Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Sancoko, Jumat (30/7/2021) mengatakan, panen cabai merah besar sekarang dilahan pasir Pantai Goa Cemara, lahan persawahan di Kalurahan Tirtohargo dan harganya sedang jatuh. Sancoko mengaku harga cabai besar jenis TW kini hanya ditawar Rp 5 ribu oleh pedagang perkilogramnya,  dan cabai besar jenis imperial ditawar Rp 6 ribu perkilogramnya. Anjloknya harga cabai besar terjadi setelah Idul Adha, karena sebelumnya harga cabai besar masih diatas Rp 12 ribu/kg.
Kondisi ini ditengarai Sancoko terkait pemberlakuan  PPKM level 4 diberbagai kota di Jawa. Kota tersebut  merupakan tujuan pasar cabai pedagang dari Bantul, mulai Bandung, DKI dan sebagian kota di Pulau Sumatera. “Rumah makan, restoran dibatasi jam operasionalnya demikian dengan pasar-pasar juga dibatasi. sehingga tidak menyerap cabai yang dikirim dari Bantul,” ujarnya.
Pedagang cabai kelas kakap dari Kapanewon Sanden, , H Abdul Mukhid mengatakan, permintaan cabai dari pabrik-pebrik pengolah cabai kini turun drastis karena pemberlakukan PPKM Level 4. Kondisi ini mengurangi permintaan cabai dari pedagang. Pihak perusahaan tidak mau spekulasi sehingga membeli cabai mengikuti harga pasar. “Karena tidak mau merugi, pabrik membuat delivery order (DO) untuk pedagang hanya untuk tiga hari. Sehingga ketika harga dipasar jatuh maka perusahaan tidak merugi terlalu banyak karena membayar sesuai DO,” jelasnya.
‎Jika DO yang dikirim tidak sesuai target, pembayaran juga mundur beberapa minggu sehingga pedagang yang tidak punya modal berlipat akan kolaps.

BERITA REKOMENDASI