Hindari Motor, Truk Masuk Parit di Imogiri

BANTUL, KRJOGJA.com – Truk AB 8464 JN terperosok ke jaringan irigasi Pasar Imogiri kabupaten Bantul, Minggu (29/12/2019). Peristiwa tersebut terjadi karena sopir truk Arif Eli Prabowo (31) asal Tamanan Pabrik Tamanmartani Kalasan Sleman menghindari pengendara motor yang akan menyeberang jalan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa, tetapi akibat dari kejadian itu menimbulkan arus lalu lintas sempat tersendat.  

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (KSPKT) Polsek Imogiri Polres Bantul Polda DIY, Aiptu Muhammad Sultoni mengatakan, peristiwa tersebut bermula ketika truk yang mengangkut  anggota pencak silat Persatuan Hati menuju Pantai Depok. Kendaraan berjalan dari utara ke selatan dengan kecepatan sedang. Karena saat itu, jalan Imogiri Timur cukup ramai. Namun setelah sampai di lokasi  kejadian tiba-tiba dari arah timur jalan seorang pengendara sepeda motor hendak menyeberang. Karena ragu-ragu, hal tersebut membuat sopir truk kaget sehingga terpaksa banting setir ke kanan hingga masuk jaringan irigasi. 

Sultoni mengatakan,  jika tidak banting kemudi ke kanan otomatis ada beberapa orang akan tertabrak. "Sopir truk terpaksa banting kemudi ke kanan karena dari timur jalan ada orang mau menyeberang tapi ragu-ragu itu yang membuat sopir banting kemudi ke kanan, juga sudah dilakukan upaya pengereman. Itu upaya dari sopir agar tidak terjadi tabrakan,” ujarnya.  Tidak hanya itu, truk juga menyenggol pengendara motor di barat jalan tapi tidak sampai luka. Paska kejadian sopir, bersama warga dan juga pihak kepolisian berusaha mengangkat roda truk. 

Sementara sejumlah anggota lalu lintas Polsek Imogiri dan juga warga melakukan evakuasi truk dengan dongkrak. Kanit Laka Sat Lantas Polres Bantul Polda DIY, Ipda Maryana SH mengimbau kepada pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan selama dalam perjalanan. Tidak kalah penting mengecek kandaraan agar tetap prima. “Kami imbau kepada warga untuk memperhatikan kondisi kendaraan dan juga fisik pengemudi,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI