Hindari Over Kapasitas, Rutan Bantul Pindahkan WBP ke Yogya

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul mengurangi jumlah penghuninya atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk dipindahkan ke Rutan Kelas IIB Yogyakarta dan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Narkoba Yogyakarta, Kamis (2/9). WBP yang dipindahkan ke Yogyakarta sebanyak 16 orang, terdiri 7 orang dipindahkan ke LP Narkotika dan 9 orang ke Rutan Kelas IIB Yogyakarta atau lebih dikenal Rutan Wirogunan.

Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Bantul, Enjat Lukmanul Hakim Bc IP MH, pemindahan WBP Bantul ke Rutan Kelas IIB Yogyakarta merupakan upaya Rutan Bantul untuk menghindari terjadi kelebihan atau over kapasitas kamar di Rutan Bantul. Kapasitas kamar di seluruh Komplek Rutan Bantul hanya 160 orang, tetapi jumlah penghuninya atau WBP nya hingga Kamis (2/9) sudah mencapai 169 orang. Karena itu Rutan Bantul tidak mau ambil resiko dengan kelebihan kapasitas kamar.

“Kami tidak mau ambil resiko, kalau kelebihan kapasitas tersebut bisa berdampak menimbulkan keributan di dalam komplek Rutan, karena kamar tidak nyaman. Akibat kelebihan kapasitas bisa menimbulkan ketidak nyamanan, bahkan bisa tres dan bisa pula menimbulkan kekisruhan yang muncul dari WBP sendiri ,” ungkap Enjat.

WBP yang dipindahkan rata-rata mempunyai sisa hukuman 12 bulan, sehingga mereka masih harus menjalani hukuman di Rutan Yogya sekitar 1 tahun. Mereka rata-rata menjalani hukuman di Bantul 3 hingga 4 tahun dan selama menjalani hukuman mendapatkan pembinaan rohani maupun ketrampilan sesuai bakatnya masing-masing. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI