Idham Samawi: Pancasila Mampu Persatukan Bangsa Indonesia!

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Sosialiasi MPR RI, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dilaksanakan anggota DPR/MPR RI, Drs HM Idham Samawi, Selasa (8/9). Kegiatan dengan peserta sekitar 200 orang tersebut dipusatkan di gedung Manggala Manis Desa Pendowoharjo Sewon Bantul.
Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum mulai personel Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Bantul melakukan penyemprotan disinfektan disekitar lokasi. Pengecekan suhu badan, hingga penyediaan tempat cuci tangan.

Idham Samawi mengungkapkan, sejarah bahwa Pancasila merupakan hasil perjuangan secara konstitusional dan penuh jerih payah. Para tokoh bangsa Islam dan nasionalis musyawarah untuk mufakat. Mereka berdiskusi semenjak tanggal 29 April hingga 1 Juni 1945 dengan Soekarno sebagai penyampai pidato terakhir. Akhirnya mencapai kesepakatan dicapai 22 juni 1945. Sehari setelah Kemerdekaan RI diproklamirkan, tanggal 18 Agustus 1945 sudah final Pancasila sebagai dasar negara.

Sehingga jika ada pihak ingin mengganti Pancasila hal tersebut keterlaluan. Idham mengungkapkan, salah Ideologi terbesar di dunia ini adalah milik Amerika yakni declaration of independence. Tapi ideologi tersebut tidak mengenal keadilan sosial jadi, artinya yang besar akan jadi pemenang.

Kita bangsa Indonesia punya ideologi sempurna yakni Pancasila. Bahkan Idham siap pasang badan bagi siapapun yang akan mengganti Pancasila. “Karena hanya Pancasila yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar Idham. Menurutnya ketika pancasila disandingkan dengan agama apapun misalnya Islam, Kristen dan agama lainnya tidak bertentangan.

“Semua komponen bangsa tidak hanya presiden semua lapisan masyarakat bangsa ini harus bersama-sama menjaga Pancasila dan berani menghadapi siapapun yang ingin mencoba-coba mengganti Pancasila,” tegas Idham.

Dalam kesempatan itu Idham juga mengatakan, didada semua calon dan pemimpin harus bersemayam Pancasila. Sehingga segala kebijakan, keputusan diambil dengan nilai-nilai Pancasila demi untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Ketua Panitia Marjono, mengatakan sosaliasi diikuti kepala dusun di Kecamatan Sewon, Ketua RT di Kecamatan Sewon, tokoh masyarakat di kecamatan Sewon. Dalam acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Bantul, H Hanung Raharjo ST, anggota DPRD Bantul, Suratman, Anton Wahono, Wakil Ketua Bapilu DPC PDI Perjuangan Bantul, Kusbowo Prasetyo, TA DPR RI, A-204, Janis Langga Barana.

Marjono mengungkapkan, jika disekitar warga tempat tinggal membutuhkan penyemprotan disinfektan bisa menghubungi kantor DPC PDI Perjuangan Bantul. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI