IKWI DIY Bantu Anak Difabel di Bantul

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia ( IKWI)  Cabang DIY melakukan kunjungan sosial ke Panti Bina Siwi Sendangsari Pajangan Bantul.
Kunjungan rombongan IKWI yang diketuai mantan Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati ke panti Bina Siwi pada Sabtu (30/4) jelang Lebaran  tersebut untuk memberikan santunan atau bingkisan kebutuhan lebaran berupa sembako dan parcel.
Kedatangan rombongan disambut dengan kegembiraan anak- anak asuh panti,  karena ketika Hj Sri Suya Widati masih menjabat Bupati Bantul sering mengunjungi panti tersebut, sehingga anak- anak sudah tidak asing lagi dengan mantan bupati Bantul, bahkan anak- anak tampak memperlihatkan perasaan kerinduannya .
Hj Sri Surya Widati mengemukakan, kegiatan kunjungan sosial atau bakti sosial merupakan salah satu kegiatan rutin IKWI DIY, disamping kegiatan lain untuk menjaga kesehatan dan menambah daya imun anggota.
Menurut ketua IKWI DIY, sedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai Allah. Juga memberikan dampak spiritual dan pahala bagi pemberinya, serta efek positif dari sisi sosial serta ekonomi bagi penerima.
“Lebih dari itu ada manfaat bagi yang melakukan sedekah maupun penerima sedekah,  yakni memberi efek kebahagiaan atau kesenangan, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan,” papar Hj Sri Surya Widati.
Sementara Ketua Panti Bina Siwi, Jumilah menjelaskan, Panti Asuhan Bina Siwi merupakan panti yang mengasuh anak-anak difabelitas, meliputi tuna netra (keterbatasan penglihatan) , tuna rungu ( keterbatasan bicara), tuna grahita (lemah mental ) dan tuna daksa  (keterbatasan gerak fisik/ motorik).
Hingga akhir April 2022 ini jumlah anak yang diasuh di Panti Bina Siwi ada 45 anak, usia tertua 40 tahun.
Selama dalam pengasuhan panti, sejak awal anak- anak dididik dengan mengoptimalkan life skil dan pengembangan bakat. Mereka sekarang sudah bisa bercocok tanam dan memainkan beberapa jenis musik, seperti gamelan, dangdut dan hadroh. (Jdm)

Hj Sri Surya Widadi menyerahkan bingkisan kepada pengurus panti Bina Siwi.

FOTO : KR- Judiman

).

BERITA REKOMENDASI