Ilmu Komunikasi UMBY Kantongi Akreditasi A

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mendapat nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sebagaimana tertera dalam keputusan BAN-PT No. 7350/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 yang dikeluarkan pada 17 November 2020. Proses akreditasi telah dilakukan beberapa waktu lalu secara onljne dan selasa (17/11/2020) nilai dikeluarkan oleh BAN PT.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Didik Haryadi Santoso mengatakan hasil akreditasi A membutuhkan proses yang panjang mulai dari task force di tingkat prodi, fakultas dan universitas. Aspek penilaian menjadi dasar pemberian akreditasi diantaranya visi dan misi serta sasaran yang akan dicapai prodi.

“Penilaian juga terkait tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, mahasiswa serta lulusan. Kualitas SDM, Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi, termasuk penelitian, program pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri,” ungkapnya melalui rilis tertulis, Rabu (18/11/2020).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Rani Dwi Lestari, S.Sos., M.A menyampailan rasa syukur atas perolehan nilai akreditasi A. Menurut dia, penilaian tersebut dapat membawa kualitas yang lebih baik bagi UMBY.

“Di sisi lain bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UMBY. Berbagai masukan dari asesor akan segera kami follow up agar prodi Ilmu Komunikasi semakin berkualitas,” tandas dia.

Sementara Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, mengharapkan raihan akreditasi A Prodi Ilmu Komunikasi dapat disusul prodi-prodi lain di lingkungan UMBY. Beberapa waktu lalu juga berhasil meraih peringkat A, yaitu Manajemen, Akuntasi, Agroteknologi, Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian, serta Psikologi S1, sehingga 7 prodi di UMBY terakreditasi A.

“Kedepan Ilmu Komunikasi diharapkan jadi salah satu prodi favorit di UMBY. Kami akan terus bersinergi memaksimalkan kualitas yang ada. Harapannya, masyarakat semakin percaya pada UMBY,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI