INKUD-JLI Luncurkan Gudang

Editor: KRjogja/Gus

PIYUNGAN, KRjogja.com – Peluncuran pemanfaatan gudang Koperasi Unit Desa (KUD) Tri Upoyo Kapanewon Piyungan Bantul sebagai upaya mendukung eksistensi usaha mikro kecil menengah (UMKM) ditengah pandemi Covid-19. Sebanyak 2.000 gudang KUD bakal digitalisasi sesuai program Induk KUD (INKUD) yang sudah mengandeng Jaringan Logistic Indonesia (JLI).

Anggota Pengawas KUD Tri Upoyo Kapanewon Piyungan Bantul, Ahmad Mujab Isnadi, Minggu, (30/5), menjelaskan, jika peluncuran pemanfaatan gudang karena selama ini vakum. Oleh karena itu, INKUD di Jakarta dan JLI berupaya menghidupkan kembali. Hal tersebut diwujudkan dengan peluncuran gudang di Dusun Klenggotan Kalurahan Srimulyo Kapanewon Piyungan Bantul. “Selama ini gudang karena vakum, KUD sementara waktu paling hanya disewakan,” jelasnya.

Oleh karena itu, INKUD dan JLI untuk memanfaatkan gudang gudang tersebut. Sehingga peluncuran penggunaan gudang dilakukan di DIY/ Jawa Tengah.

Direktur INKUD, Portasius Nggedi mengatakan, jika terobosan tersebut perlu diambil untuk mendukung UMKM di Jawa. Karena UMKM berperan penting dalam pembangunan perekonomian nasional. “UMKM selama ini menjadi penggerak roda ekonomi domestik sekaligus jadi jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah,” ujarnya.

Melalui, KUD, selain untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Diharapkan masyarakat memberdayakan dirinya sendiri serta lingkungannya. “Keberadaan KUD menjadi wadah masyarakat desa untuk dapat meningkatkan pendapatan sekaligus meningkatkan kesejahteraan hidup,” jelasnya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI