Inovasi Layanan M-KIA Mudahkan Masyarakat

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Penguatan reformasi birokrasi menuju pemerintah yang efektif, efisiensi , bersih, akuntabel dan menghadirkan pelayanan publik prima adalah cita-cita bersama yang harus diwujudkan bersama. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah indikator keberhasilan reformasi birokrasi , karena segala bentuk aktivitas penyelenggaraan negara bermuara pada pelayanan.

Hal tersebut ditekankan Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih saat meluncurkan inovasi layanan pengiriman Mobile Kartu Identitas Anak (M-KIA) yang selenggarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kerja sama dengan PT Pos Indonesia di Pendapa Kapanewon Bantul ,Sabtu(10/4).

Menurut Bupati Bantul, pelayanan publik harus dimaknai sebagai sebuah proses kreatif yang bisa membahagiakan masyarakat. Saat melakukan pelayanan harus ingat tujuan pemerintah yang paling tinggi adalah membahagiakan rakyat. “Karena itu inovasi dan terobosan harus terus dilakukan selain untuk memberi pelayanan prima tentunya juga dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Bupati Bantul.

Pelayanan administrasi kependudukan bukan hanya milik orang dewasa. Tetapi semua penduduk berhak memiliki dokumen kependudukan, termasuk anak-anak . Karena setiap anak berhak atas kelangsungan hidup tumbuh dan berkembang serta harus memiliki identitas diri.

Sementara Kepala Disdukcapil Bantul , Bambang Purwadi Nugroho SH MH menambahkan, administrasi kependudukan adalah hak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Karena itu kami tentunya tidak ingin pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Bantul dilakukan dengan mekanisme yang rumit . Semua lini dalam pelayanan ini harus memberikan pelayanan yang mudah serta disiplin penerapan protokol kesehatan,” pungkasnya.(B)(Jdm)(P).

BERITA REKOMENDASI