Inovasi Tingkatkan Kepercayaan kepada Madrasah

BANTUL, KRJOGJA.com – Madrasah perlu mempunyai inovasi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), madrasah meningkatkan pelayananannya kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan tersebut termasuk yang mendapat penilaian tim Zona Integritas (ZI).

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY Dr H Masmin Afif MAg, ketika Pembinaan Menuju Madrasah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) di MTsN 9 Bantul, Senin (22/11/2021). Sebelum itu Kakanwil Kemenag DIY sudah melakukan peluncuran PTSP MTsN 9 Bantul.

“Dengan menggunakan PTSP, madrasah bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mudah diakses,sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada madrasah,” tegas Masmin Afif. Menurutnya baru ada dua Kantor Kemenag di Indonesia yang berpredikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM) yaitu Kantor Kemenag Kota Yogyakarta dan Kantor Kemenag Kota Denpasar Bali.

Saat ini menurut Masmin Afif ada lima satuan kerja (satker) di lingkunan Kanwil Kemenag DIY yang maju penilaian ZI tingkat nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Pada tahun 2021 ini, ada 12 satker di lingkungan Kanwil Kemenag DIY yang ditunjuk menjadi ZI WBK, dan salah satunya MTsN 9 Bantul yang merupakan satu-satunya MTs.

Pada kesempatan itu, Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati SAg MM juga melaporkan terkait prestasi madrasah tersebut, akademik dan non akademik, baik nasional maupun internasional. Juga sebagai madrasah riset, dan kini ditunjuk untuk menjadi madrasah ZI WBK. Untuk bisa mewujudkan, maka hari itu, MTsN 9 Bantul menggelar workshop Gratifikasi dengan narasumber Budhi Masthuri SH dari Ombusdman DIY.(War)

BERITA REKOMENDASI